Sabtu, 07 Des 2019

IRT Desa Bahilang, Sergai Galakkan Kebun Sayur Keluarga

Kamis, 29 Oktober 2015 12:17 WIB
SIB/Dok
Kaum ibu rumah tangga di Desa Bahilang, Sergai barubaru ini memanen sayur organik yang mereka tanam secara berkelompok.
Bahilang (SIB)- Kaum ibu rumah tangga  (IRT) Desa Bahilang, Tebing Syahbandar, Sergai menggalakan kebun sayur keluarga sebagai tindak nyata dari  penyuluhan makanan gizi seimbang yang dilakukan  PT Nusa Pusaka Kencana (NPK)- Asian Agri

Pada Jumat (23/10) mereka  melakukan panen perdana yang disaksikan pimpinan dan staf PT NPK antara lain  Askep Kebun Bahilang Bambang Hermanto, Koordinator CSR Fajar Suryono dan KTU Kebun Bahilang Sukamto. Berbagai jenis sayuran segar seperti bayam merah, kangkung, kacang panjang, timun, sawi manis dan jenis sayur lainnya tertanam rapi di lahan samping rumah karyawan perusahaan. Sayuran ditanam  sejak  September  setelah dibentuk   untuk membuat lahan tanaman sayur yang kemudian dinamakan kebun sayur keluarga. Program ini terdiri dari 9 kelompok dengan jumlah anggota sekitar 100 ibu rumah tangga yang merupakan karyawan PT NPK. Mereka memanfaatkan waktu luang disore hari untuk membersihkan lahan, membuat bedengan, menanam sayur dan menyiramnya setiap hari. Setiap kelompok melakukan design kebun masing – masing sesuai dengan kreatifitasnya.

Hasil dari usaha kelompok ibu rumah tangga tersebut, tersedianya sayur segar tanpa pestisida di lahan samping rumah. Sayur – sayur tersebut dibagikan kepada anggota kelompok ataupun orang lain yang diberikan secara gratis, dan rencananya sebagian akan dijual. Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sehingga keluarga bisa mendapatkan sayur segar  tanpa pestisida dan tentunya menyehatkan.

Koordinator  Kelompok V   Masta Hakimi mengatakan, dengan adanya kebun tersebut mereka sangat terbantu, tidak perlu lagi membeli sayur.

Pimpinan kebun Bahilang, Bambang Hermanto mengatakan, sangat mendukung program kebun sayur keluarga ini. "Kita bisa membuat rotasi tanam dan panen, sehingga setiap hari sayur bisa tersedia dari kebun kita. Kalau bisa sayur – sayur ini kita jual ke pasar terdekat, Sayur tersebut ditanam hanya menggunakan pupuk organic dan tanpa pestisida, sehingga sehat bagi tubuh kita”, kata Bambang.

Program Kebun Sayur Keluarga ini merupakan program CSR PT NPK dalam bidang kesehatan, program ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sayur rumah tangga secara sehat. Dan mendukung program pola hidup bersih dan sehat yang dicanangkan oleh pemerintah. (R5/l)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments