Kamis, 17 Okt 2019
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Hasangapan Tambunan : Perpustakaan Maju Bila Pengelolanya Memiliki SDM yang Baik

Rakor Perpustakaan Daerah Sumut 2015

Hasangapan Tambunan : Perpustakaan Maju Bila Pengelolanya Memiliki SDM yang Baik

Senin, 18 Mei 2015 19:14 WIB
SIB/Danres Saragih/ r
RAKOR : Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut, Hasangapan Tambunan SPd MSi memaparkan kebijakan pengembangan dan pembinaan perpustakaan se-Sumut pada Raker Perpustakaan Provsu, Selasa (12/5) di Hotel Madani.
Medan (SIB)- Rapat Koordinasi Perpustakaan Provsu Tahun Anggaran 2015 dilaksanakan 2 hari Selasa, Rabu, (12-13/5) di Hotel Madani, Medan. Peserta kepala badan perpustakaan dan arsip dan staf dari 33 kabupaten/kota se-Sumut.

Kepala Badan Perpustakaan  dan Arsip Daerah Sumut, Hasangapan Tambunan SPd MSi dalam sambutannya menekankan, agar kepala perpustakaan mengedepankan keperluan anak-anak bangsa agar cinta membaca.

“Karena itu saya minta, semua peserta melalui rakor ini dapat memprogramkan kegiatan untuk meningkatkan daya baca masyarakat di tahun 2016, demi memajukan pengetahuan anak bangsa. Untuk itu mari kita semua bersemangat membuat catatan-catatan kecil untuk program kita yang akan kita laporkan kepada pimpinan kita di daerah masing-masing,” harapnya.

Dijelaskannya, perpustakaan maju apabila perpustakaan itu dikelola SDM yang baik, dicontohkannya perpustakaan Bandung jauh lebih maju dibandingkan perpustakaan Sumut itu disebabkan SDM. Karena itu mari kita terus berbenah agar mampu mensejajarkan dengan perpustakaan yang sudah maju.

“Perpustakaan Sumut harus menjadi contoh perpustakaan kabupaten/kota se-Sumut, demikian juga perpustakaan kabupaten/kota lebih bagus dari kecamatan dan desa. Hal ini lah seharusnya agar keseluruhan perpustakaan Sumut bertambah maju, sebab memajukan perpustakaan bukan segampang membalikkan tangan tetapi berangsur-angsur karena dampaknya terasa puluhan tahun ke depan,” harapnya.

Intinya, perpustakaan harus mempu meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk 5 tahun maupun 10 tahun ke depan. Itu dapat terlaksana jika kepala dan staf perpustakaan mampu menjadi fasilitator untuk menambah koleksi buku, tulisan, rekaman di perpustakaan.

“Karena itu dengan pertemuan ini mari kita aplikasikan, program yang baik ke daerah kita masing masing. Perpustakaan ini maju harus dimulai dari diri sendiri, lalu ditularkan ke masyarakat demikian seterusnya di kabupaten/kota, provinsi dan pusat,” harapnya.(A16/ r)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments