Minggu, 20 Okt 2019

H Musa Rajeckshah : Pesta Wirausaha Sumut Relevan Menjawab Tantangan Zaman

* Pelaku Usaha Harus Kreatif dan Inovatif
admin Rabu, 09 Oktober 2019 19:20 WIB
SIB/Danres Saragih
DIABADIKAN : Staf Ahli Gubsu Bid Politik dan Hukum Noval Ahyar SH, Presiden TDA Donny Kris Puryono, Pimpinan Telkomsel Sumbagut Ricy Panggabean, Ketua TDA Community Medan Adi Permata, Ketua Panitia Laode Hazar dan lainnya diabadikan usai membuka Pesta Wirausaha TDA, Selasa (8/10).
Medan (SIB) -Pesta Wirausaha Sumatera Utara yang digelar komunitas Tangan Di Atas (TDA) sangat relevan menjawab tantangan zaman dimana UKM harus lebih kereatif dan inovatif dalam menjalankan usahanya. Salah satunya dengan menata organisasi dan merancang strategi bisnis yang efektif dan efesien.

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Sumut H Musa Rajeckshah dalam sambutannya yang dibacakan Noval Ahyar SH pada pembukaan Pesta Wirausaha Sumut 2019, Selasa (8/10) di Gedung Pusat Promosi Dagang UPT PLUT KUMKM Sumut.

Dijelaskan, dalam kesempatan yang berbahagia itu banyak harapan yang dibangun melalui pelaksanaan pesta wirausaha TDA. Karena UKM merupakan salah satu sektor ekonomi yang sanggup bertahan meski diterpa badai, sehingga UKM merupakan sendi penting bagi perekonomian Indonesia khususnya Provinsi Sumut.

Salah satu harapan yang paling utama adalah adanya pembaharuan SDM para pelaku UKM baik secra entitas bisnis maupun secara pribadi. Karena selain produk yang baik, SDM yang berkualitas sangat menentukan kesuksesan usaha. "Mari kita naikkan kualitas diri kita melalui workshop, seminar dan kelas-kelas yang di isi oleh narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing.

Kita melihat peluang adanya kerjasama yang baik antara Pemprov Sumut dengan Komunitas TDA merupakan pelaku UKM Sumut yang militan dan penggerak ekonomi yang dinamis di Sumut. Pemerintah dalam misinya mengembangkan usaha UKM tentunya tidak dapat berdiri sendiri, perlu dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak termasuk organisasi dan lembaga kemasyarakatan", katanya.

Presiden TDA Donny Kris Puryono mengatakan, komunitas Tangan Di Atas yang berdiri 13 tahun lalu merupakan komunitas terbesar di Indonesia dan jumlah anggota 50 ribu lebih di 92 kabupaten/kota di Indonesia. "Jadi acara ini merupakan salah satu rangkaian acara menyongsong acara Pesta Wirausaha Nasional 2021. Acara pesta ini merupakan acara kedua, bulan kemarin dilakukan di Bima dan hari ini di Sumut dan bulan depan di kota-kota lain," katanya.

Ketua TDA Community Medan Adi Permata mengatakan, Pesta Wirausaha TDA 2019 merupakan kolaborasi dari seluruh pengusaha baik dari Banda Aceh Langsa, Kota Medan, Pematangsiantar, Labuhanbatu dan Deliserdang.

Ketua Panitia Laode Hazar dalam laporannya mengatakan, Pesta Wirausaha TDA dilaksanakan 2 tahun sekali. Dan kali ini digelar 2 hari, Selasa dan Rabu. Jumlah peserta 708 orang terdiri dari berbagai pengusaha. "Kami panitia berterimakasih kepada seluruh pendukung acara baik dari Telkomsel, Pertamina, Bank BTN dan lainnya, sehingga acara dapat berlangsung dengan baik," cetusnya.

Sementara Kepala UPT PLUT KUMKM Dinas Koperasi dan UKM Sumut Marzuki kepada SIB mengatakan, mengapresiasi acara yang dilaksanakan di gedung PLUT sehingga dengan acara ini mereka yang hadir dapat melihat produk unggulan Sumut yang sudah ada di stan-stan lantai 1. "Kami berharap agenda seperti ini menjadi agenda yang dapat dikolaborasikan lebih baik lagi sehingga berdampak dan bermanfaat lebih besar bagi UKM Sumut khususnya masyarakat Sumut pada umumnya," katanya. (M12/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments