Sabtu, 19 Okt 2019

Dilantik Kedua Kalinya Jadi Anggota DPRD Rohul

Gurka Pandiangan Mohon Doa Restu dan Dukungan Masyarakat

admin Jumat, 06 September 2019 19:41 WIB
SIB/Maruba Habeahan
ANGGOTA DPRD: Gurka Pandiangan anggota Fraksi Partai Nasdem DPRD Rokan Hulu Riau, pada acara pengucapan sumpah/janji Senin (2/9) di gedung DPRD setempat.
Pasir Pengaraian (SIB) -Gurka Pandiangan adalah salah satu dari dua orang suku Batak Toba, di antara 45 anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau masa jabatan 2019-2024 yang turut mengucapkan sumpah/janji dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian, Senin (2/9/) di ruang paripurna Gedung DPRD setempat.

Anggota Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) DPRD Rohul dari Daerah Pemilihan (Dapil) Rokan Hulu 2 meliputi Kecamatan Tambusai dan Tambusai Utara ini pada Pemilu serentak 17 April 2019 lalu meraih 2020 suara dan mengantarkannya ke periode kedua sebagai anggota DPRD Rohul setelah periode pertama 2014-2019 dijalaninya dengan baik.

Ditanya apa pesan dan kesannya setelah diresmikan pengangkatannya menjadi anggota dewan untuk kedua-kalinya, dengan segala kerendahan hati memohon doa dan dukungan dari masyarakat Rohul pada umumnya dan masyarakat suku Batak Toba pada khususnya. "Agar kami diberi kesehatan, khitmad dan kebijaksanaan untuk mengemban amanah yang telah dipercayakan lima tahun ke depan ini," pintanya.

Lebih jauh disebutkan suami boru Silalahi ini, ada rasa bangga dan sebaliknya ada juga rasa sedih. "Bangga, karena doa dan dukungan dari para kerabat, keluarga dan simpatisan sehingga dapat meraih suara yang memadai pada Pemilu Legislatif (Pileg) 17 April lalu kemudian ditetapkan sebagai calon anggora DPRD Rohul terpilih, dan puncaknya telah diresmikan pengangkatannya melalui pengucapan sumpah/janji pada hari ini. Rasa sedihnya adalah karena hampir duapuluhan orang dari suku Batak Toba yang ikut bertarung pada Pileg tersebut, tetapi seperti yang kita saksikan, hanya dua orang kami yang lolos dan diresmikan pengangkatannya pada hari ini. Andainya ada beberapa dari halak hita yang memperoleh kursi di DPRD Rohul ini, tentu akan lebih banyak rekan untuk sharing (berbagi) yakni berbagi pengalaman dan pemikiran guna memperjuangkan semaksimal mungkin aspirasi masyarakat Batak Toba di Kabupaten Rohul negeri seribu suluk ini," ungkapnya.

Harapannya ke depan semoga rasa persatuan dan kesatuan Suku Batak Toba di Rohul semakin terjalin baik dan kompak untuk menyatukan suara, sehingga suara halak hita tidak ada yang tercecer kepada yang lain dan dengan demikian hampir dipastikan jumlah kursi halak hita di DPRD Rohul ini akan semakin bertambah signifikan sesuai potensi suara yang dimiliki.

Dari berbagai informasi yang dia dengar, jumlah masyarakat Batak Toba di Rohul, saat ini sudah di atas 50 ribuan jiwa, dan yang berhak memilih ada sekira 18 ribu jiwa lebih. "Dengan sistem penghitungan suara tahun 2019 ini yang menggunakan Sainte Lague, seyogianya akan memperoleh 5 kursi atau minimal satu kursi setiap Dapil, namun kenyataannya saat ini kursi halak hita nihil di tiga Dapil (1, 3 dan 4) dari empat Dapil Rokan Hulu, karena kami berdua berada di Dapil 2," katanya.

Ditanya apa kiat dan strateginya sehingga bisa lolos ke periode kedua ini, dengan polos diungkapkannya tentu seperti diketahui bersama bahwa sebagai anggota DPRD memiliki tiga fungsi yakni 1. Legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah 2. Anggaran, Kewenangan dalam hal anggaran daerah (APBD) 3. Pengawasan, Kewenangan mengontrol pelaksanaan Perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

"Selain fungsi yang tersurat tersebut, tentu ada yang tersirat yakni bahwa anggota DPRD harus berbaur di tengah-tengah masyarakat, baik dalam suka maupun duka artinya peduli dengan masyarakat pada umumnya dan khususnya di Dapil kita sesuai apa yang bisa kita kontribusikan. Jadi bukan hanya berbentuk materi tetapi bisa jadi dalam bentuk lain seperti buah pikiran, nasihat atau pesan moral lainnya sesuai situasi dan kondisi yang dihadapi masyarakat," pungkas Pandiangan. (M27/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments