Selasa, 21 Jan 2020

Gubernur Sumut Minta Maksimalkan Pembenahan Sarana dan Prasarana PRSU

redaksi Selasa, 14 Januari 2020 22:09 WIB
Foto: SIB/Dok
Tinjau : Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Didampingi Dirut PT PPSU, Amir Makmur Nasution dan Komisaris Hendra Suryadi meninjau kondisi sarana dan prasarana Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Jalan Jenderal Gatot Subroto, Medan, Senin (13/1).
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau kondisi sarana dan prasarana Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Jalan Jenderal Gatot Subroto, Medan, Senin (13/1). Kedatangan Gubernur disambut Direktur Utama PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) Amir Makmur Nasution, Komisaris Utama PT PPSU Hendra Suryadi beserta jajaran.

Berkeliling dan meninjau kawasan PRSU, Gubernur menekankan agar pembenahan dilakukan secara maksimal dan mengedepankan prinsip pembangunan yang berkelanjutan. Artinya, pembenahan harus mempertimbangkan prospek jangka panjang PRSU. Sehingga tidak terjadi pemborosan anggaran lantaran harus berkali-kali melakukan pembongkaran atau pembangunan. "PRSU ini milik rakyat, hiburan rakyat. Tidak hanya harus menarik, tetapi pembenahan yang dilakukan juga harus menjawab berbagai kebutuhan rakyat. Bukan saja rakyat Sumut, tetapi PRSU ini juga diharapkan menarik masyarakat luar Sumut," tegas Edy.

Apalagi, lanjut dia, PRSU identik dengan kegiatan promosi keunggulan dari berbagai kabupaten/kota Sumut. Jika tidak dikemas dengan menarik dan tidak dibenahi secara maksimal, maka kegiatan tahunan tersebut hanya akan bersifat seremoni belaka.

Edy juga melakukan peninjaun ke galeri UMKM yang dikelola oleh UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu bagi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM) Sumut yang berada di dekat gerbang masuk kawasan PRSU. Melihat berbagai produk kerajinan yang dipamerkan, Edy berpesan agar promosi gencar dilakukan dan bekerja sama dengan pihak agensi perjalanan. "Kalau tidak gencar dipromosikan dan bekerja sama dengan berbagai pihak, bagaimana orang mau datang dan tahu produk-produk kerajinan kita ini. Sehingga mereka datang tidak hanya saat kegiatan PRSU tetapi juga saat-saat hari biasa seperti ini," tuturnya.

Dirut PT PPSU Amir Makmur Nasution menjelaskan, pembenahan berupa aktivitas estetik telah banyak dilakukan, namun untuk grand design dan masterplan keseluruhan pembenahan PRSU akan segera dipresentasikan sesuai dengan arahan yang telah disampaikan Gubernur selama peninjauan.

Sementara Kepala UPT PLUT KUMKM Sumut Marzuki juga mengamini arahan gubernur untuk meningkatkan promosi yang lebih kreatif untuk memasarkan produk-produk kerajinan lokal Sumut di UPT PLUT KUMKM Sumut. "Kami memang sudah berencana untuk segera melakukan kerja sama dengan biro-biro perjalanan. Sehingga jika ada wisatawan yang datang ke Medan, oleh-olehnya bisa beli hasil kerajinan-kerajinan yang kita pamerkan di sini," ucapnya.

Turut hadir mendampingi Gubernur yakni Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Setdaprov Sumut Arief Sudarto Trinugroho dan Kepala Biro Bina Perekonomian Setdaprov Sumut Ernita Bangun.(M11/d)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments