Rabu, 08 Jul 2020
PalasBappeda

Gubernur SU Terbitkan SE, LBH Medan Harapkan Transparansi

* Pers Diminta Tetap Independen
redaksisib Sabtu, 06 Juni 2020 11:43 WIB
ayo jakarta

Ilustrasi

Medan (SIB)
Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, Ismail Lubis SH MH mengapresiasi Surat Edaran (SE) nomor 440/4271/2020 yang dikeluarkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang isinya mengimbau agar memanfaatkan media massa dalam sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19 di Sumut, yang ditujukan kepada Bupati/Wali Kota se-Sumut, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala BUMD di lingkungan Provinsi Sumut.

Namun ia berharap hal tersebut bukan hanya sekedar SE, namun juga Gubernur harus dapat bersinergi dengan media dalam memberikan informasi yang transparansi untuk disosialisasikan.

"Kita melihat kalau memang media massa, baik cetak maupun elektronik adalah sebagai agen sosialisasi, dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, apalagi di jaman sekarang ini. Jadi SE itu sebenarnya hanya sebagai pendukung dan pelengkap.

Yang jadi masalahnya kebijakan apa yang hendak disosialisasikan di masa pandemi ini, sementara kebijakan istimewa di Sumut belum ada. Tidak cukup jika media massa hanya diperuntukkan untuk menyebarluaskan informasi terkait upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penularan Covid-19 di Sumut. Tapi saat ini yang harus dibuka adalah data-data penerima bantuan baik itu dari Pemprovsu maupun dari Dana Desa. Nah inilah yang mungkin penting untuk diumumkan melalui media massa, data penerimanya secara terbuka agar tercapai azas transparansi," katanya kepada SIB di Medan, Jumat (5/6).

INDEPENDEN
Dikatakannya, selain membuat SE, diharapkan Gubernur SU juga harus membantu bagaimana agar pemerintahan dapat bersinergi dengan media dalam rangka menyambung informasi kepada masyarakat, tentunya juga dengan pertimbangan jangan sampai memboros uang rakyat.

"Artinya kerjasama pemerintah dengan pers dalam rangka memastikan informasi itu tersampaikan kepada masyarakat, itulah yang sangat penting. Namun, di sisi lain juga pers harus tetap independen dan tidak boleh disetir oleh pihak manapun," ujarnya mengingatkan. (M20/f)
T#gs Gubernur SUIndependenLBH MedanPersTransparansi
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments