Rabu, 21 Agu 2019

Dinilai Miliki Nilai Jual

Gubernur Edy Berniat Bagusi Jalan ke Wisata Kawah Putih Tinggiraja Simalungun

admin Rabu, 12 Juni 2019 18:40 WIB
Gubernur Edy Rahmayadi
Medan (SIB) -Kawah putih Bukit Kapur di Desa Dolok Tinggiraja, Kecamatan Silaukahean, Kabupaten Simalungun, dinilai memiliki nilai jual.

Karenanya, Gubernur Edy berniat mengorbitkan kawasan kawah putih Bukit Kapur Tinggi Raja itu menjadi objek wisata yang bernilai jual bagi wisatawan.

Dia pun mengatakan segera memerbaiki akses jalan ke lokasi tersebut. Hal itu disampaikannya di sela halal bi halal Idulfitri 1440 H di Aula Gubernuran, Jalan Sudirman Medan, Senin (10/6). Gubernur mengatakan keinginannya itu, supaya pariwisata di Sumut semakin digemari wisatawan.

Menurutnya, objek wisata yang memiliki daya tarik, akan memanjakan wisatawan sekaligus menambah alternatif masyarakat yang "haus" liburan. Lebih dari itu, objek wisata yang memiliki daya tarik, akan memicu bergairahnya usaha-usaha mikro dan kecil. "Saya akan bagusi jalan menuju danau apa itu yang di Simalungun," katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut, Effendy Pohan, di Medan, Selasa (11/6) mengatakan mendukung perbaikan jalan menuju kawasan wisata tersebut. "Jalan utamanya jalan status provinsi Saranpadang batas Sergai.
Namun yang 9 Km masuk ke dalam, merupakan jalan kabupaten. Untuk mendukung program parawisata tersebut, kami akan berkoordinasi dengan Dinas PU Simalungun untuk penanganannya," sebut Pohan.

Sebagaimana diketahui, kawah putih Bukit Kapur Tinggi Raja mirip danau kecil. Airnya adalah dari bukit kapur putih salju. Warna airnya cantik menawan, yakni biru kehijauan. Persis seperti kawah putih di daerah Ciwidey, Jawa Barat.

Masyarakat di sana menyebutnya Bukit Kapur Tinggiraja. Lokasinya persis berada di tengah-tengah kawasan hutan lindung, yang berjarak sekitar 90 km dari Kota Medan.

Sayangnya, akses jalan menuju ke sana masih rusak parah. Kondisi jalannya berbatu dan berlubang kurang lebih sepanjang 9 Km.
Dikutip dari berbagai sumber, kawah putih Tinggi Raja terbentuk dari proses panas bumi yang mengandung belerang. Dari situ, terbentuk bukit kapur putih seperti bukit bukit salju.

Luasnya bukit kapur mencapai sekitar 30 Ha. Di sisi lain kawah putih itu, terdapat sungai dan airnya terasa hangat karena sebagian air sungai berasal dari aliran air panas kawah putih tersebut.(M11/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments