Kamis, 21 Nov 2019

FKDM Harus Mampu Deteksi Dini Potensi Kerawanan di Deliserdang

admin Senin, 01 Juli 2019 17:31 WIB
SIB/dok
PIMPIN : Kepala Bakesbangpol Pemkab Deliserdang, Togar Panjaitan pimpin rapat kordinasi FKDM Deliserdang triwulan II di Lubukpakam, Kamis (27/6).
Lubukpakam (SIB) -Seluruh anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Deliserdang senantiasa harus mampu melaksanakan deteksi dini terhadap semua potensi kerawanan.

Hal tersebut berkaitan dengan tugas yang dibebankan kepada FKDM yaitu menjaring, menampung, mengordinasikan, mengomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan serta memberikan laporan informasi dan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten Deliserdang.

FKDM adalah forum strategis yang dibentuk pemerintah sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2018, yang mengemban tugas sebagai mata dan telinga pemerintah terhadap berbagai kemungkinan timbulnya potensi kerawanan di wilayah.

Demikian penekanan Kepala Bakesbangpol Pemkab Deliserdang, Togar Panjaitan kepada 115 orang pengurus dan anggota FKDM saat memberikan bimbingan dan arahan pada acara rapat kordinasi FKDM Deliserdang triwulan II tahun 2019 di salah satu hotel di Lubukpakam, Kamis (27/6).

Lebih lanjut Togar menekankan pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan situasi saat ini dan ke depan. Seperti mewaspadai pengaruh/dampak dari proses tahapan Pemilu tahun 2019 yang telah usai sidang putusan sengketa Pilpres di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) Jakarta. Kemudian dalam waktu dekat akan dilanjutkan dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Disamping itu juga harus mewaspadai berbagai permasalahan di seluruh wilayah Kabupaten Deliserdang seperti permasalahan tanah eks HGU, permasalahan masyarakat dengan pelaku usaha, bencana alam dan berbagai potensi kerawanan lainnya.

Dikatakan, untuk dapat melaksanakan tugas tersebut maka sangat diperlukan koordinasi, komunikasi dan kerjasama yang baik dengan instansi terkait seperti TNI/Polri serta tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian berbagai masalah menonjol saat ini yang ada di setiap kecamatan dan bagaimana upaya penanganannya.

Togar berharap di hadapkan dengan permasalahan yang ada saat ini dan berbagai kemungkinan yang akan muncul ke depan, situasi dan kondisi di Kabupaten Deliserdang akan tetap aman dan terkendali. Tentu hal tersebut akan dapat terwujud apabila semua instansi terkait dan komponen/elemen masyarakat yang ada dapat bekerjasama atau bersinergi dengan baik. (T05/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments