Minggu, 17 Nov 2019

FK UMI Angkat Sumpah 44 Dokter Muda

bantors Selasa, 15 Oktober 2019 18:49 WIB
SIB/Dok
FOTO BERSAMA : Para dokter muda yang baru diambil sumpahnya, foto bersama dengan rektor, dekan dan dosen, Sabtu (14/10) di Hotel Le Polonia Medan.
Medan (SIB) -Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Methodist Indonesia (UMI) meraih akreditasi B berdasarkan SK Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM PT-Kes) yang dijadwalkan akan diterima pada Oktober 2019 ini.

Hal tersebut disampaikan Dekan FK UMI dr Eka Samuel P Hutasoit SpOG MM saat Pengambilan Sumpah Dokter Angkatan ke-150 FK UMI di Hotel Le Polonia Medan, Sabtu (12/10).

"Puji Tuhan, saat ini telah meraih Akreditasi B sehingga ke depan akan terus melahirkan dokter-dokter unggul, terus maju dan berkembang lagi," katanya dihadapan 44 dokter muda yang baru diambil sumpahnya.

Ke depan, lanjutnya, setelah terakreditasi B, pihaknya juga telah mengajukan permohonan untuk membuka program studi (Prodi) pasca sarjana (S2) yakni prodi Magister Biomedik (M Biomed) serta Magister Kesehatan (MKes).

"Kita berharap kedua Prodi pasca sarjana tersebut bisa disetujui oleh LAM PT-Kes sehingga bagi para lulusan yang ingin melanjutkan pendidikannya bisa kembali ke FK UMI," tandasnya sembari berharap kepada seluruh dokter muda yang baru disumpah untuk tetap menjaga nama baik almamater.

Pada pelantikan yang dipimpin Dekan FK UMI itu, sebanyak 44 dokter diambil sumpahnya. Total semua lulusan FK UMI sebanyak 3.895. Pada angkatan ke-150 ini, lulusan terbaik diraih oleh dr Logrado dengan IPK 3,96.

Rektor UMI Drs Humuntal Rumapea MKom dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah melakukan sumpah. Terkait Akreditasi B yang telah diraih, Rektor mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ini.

"Nilai yang didapatkan cukup bagus, bahkan dari hasil itu bisa dimungkinkan FK UMI raih akreditasi A. Dan saat ini kami telah mengajukan permohonan sehingga menjadikan FK UMI bisa akreditasi A," pungkasnya.

Sementara, Ketua Umum Ikatan Alumni dr Bulan Simanungkalit MKes MM mengajak seluruh dokter muda yang baru disumpah agar bekerjasama dengan Ikatan alumni untuk memajukan FK UMI.

"Kepada adik-adikku, mari kita kembalikan FK UMI ini ke masa kejayaannya yang telah melahirkan ribuan dokter unggul yang telah tersebar di seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Dan itu diperlukan kerjasama dan sinergitas baik antara pihak yayasan, rektorat, dekanat dan para alumni," ujarnya sembari menyebutkan alumni harus berani tampil beda sehingga mampu terus membangun dunia kesehatan di Indonesia.

Salah satu dokter muda yang diberi kesempatan menyampaikan pesan dan kesannya, dr Fernando Olopan Pardomuan Panjaitan mengungkapkan suka dan duka selama mengenyam pendidikan di FK UMI. "Terima kasih kepada orang tua kami, karena orangtualah yang menjadi sandara kita saat kami sedang letih dan lelah. Karena sesungguhnya doa orangtua yang menjadi jalan penerang bagi kita," tuturnya.

Mewakili orangtua, Orlikon Tarigan orangtua dr Logrado Tarigan mengucapkan terima kasih kepada dosen dan dekanat yang telah berkontribusi terhadap capaian kelulusan dokter-dokter baru angkatan ke-150.

Upacara pengangkatan sumpah dokter itu dihadiri di antaranya Dekan FK, Rektor, Wakil Dekan I dr Esther Sitorus, MKed (PA) SpPA, Wakil Dekan II dr Alexander P Marpaung MKT, Wakil Dekan III dr Harry Butar-Butar SpB. Kemudian, Ka Prodi Sked dr Fitriani Lumangga SpPA, Kaprodi Profesi dr Donal Sitompul SpKJ, Guru Besar Prof Dr dr Hadyanto Lim MKes SpFK dan Prof Dr dr Thomson P Nadapdap MS (Epid), dr Putri C Eyanoer MS Epi PhD, Ketua MEU dr Maestro Simanjuntak MKes, anggota Senat dosen dr Laura Siagian MKed (Neu) SpS, anggota senat dosen dr Jerry Tobing MKed (IRL-HNS) SpTHT-KL, Sekretaris Prodi Profesi Dokter dr Endy Julianto MKT.

Hadir juga dalam kesempatan itu dari perwakilan rumah sakit pendidikan Djasamen Saragih Siantar, RSU Djoelham Binjai, Dinkes Medan, RSU Pirngadi Medan serta Dinkes Sumut. (M13/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments