Minggu, 20 Sep 2020

Enam Ranperda Inisiatif DPRD Langkat Disepakati

Rabu, 16 September 2020 11:08 WIB
Foto: Dok/Sekwan DPRD Lkt

Serahkan : Ketua Bapemperda Drs Pimanta Ginting menyerahkan penjelasan enam Ranperda inisiatif DPRD kepada pimpinan rapat, Senin (14/9). 

Langkat (SIB)
Sebanyak enam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD Kabupaten Langkat disepakati dalam Rapat Paripurna DPRD Langkat yang digelar secara internal, Senin (14/9).

Enam Ranperda inisiatif itu adalah tentang Kepariwisataan Daerah, tentang Penanganan Disabilitas dan Lansia, tentang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), tentang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan, tentang Produk Unggulan Daerah dan tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh.

“Enam Ranperda ini nantinya akan ditetapkan dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Langkat tahun 2021 bersama Ranperda Pemerintah Kabupaten Langkat,” sebut Wakil Ketua DPRD Langkat Ralin Sinulingga, SE yang memimpin rapat.

Dalam penjelasannya, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Langkat Drs Pimanta Ginting mengatakan, Ranperda inisiatif DPRD merupakan masukan-masukan dari Komisi A-D DPRD Langkat dan dikaji kembali oleh Bapemperda DPRD Langkat.

Sebelum disetujui seluruh anggota dewan yang hadir, Pimanta juga menerangkan latar belakang Ranperda inisiatif, tujuan dan sasaran serta ruang lingkup Ranperda inisiatif.

“Tujuan Ranperda Kepariwisataan Daerah salah satunya sebagai dasar pengambilan kebijakan agar pemanfaatan objek pariwisata dapat dilakukan secara optimal,” sebutnya.

Ia juga menjelaskan tujuan Ranperda Bumdes, di antaranya demi peningkatan perekonomian desa, untuk membuka lapangan kerja, untuk peningkatan pendapatan masyarakat desa dan pendapatan asli desa.

Usai memberikan penjelasan enam Ranperda inisiatif DPRD, pimpinan rapat berharap tahapan-tahapan dan proses Ranperda selanjutnya dapat dikerjakan dengan sebaik-baiknya.

“Semuanya harus mengacu kepada ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya. (M24/d)

T#gs DPRD LangkatDisepakatiInisiatifRancangan Peraturan Daerah
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments