Sabtu, 19 Okt 2019

Empat Puskesmas di Deliserdang Berpredikat Akreditasi Utama

admin Senin, 21 Januari 2019 15:14 WIB
SIB/INT
Ilustrasi
Lubukpakam (SIB)-Dari 34 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Deliserdang, 4 di antaranya sudah menyandang predikat akreditasi utama, 8 predikat akreditasi madya dan 15 predikat akreditasi dasar. Akreditasi menunjukkan sistem pelayanan Puskesmas sudah berstandar dan sudah menerapkan Continuously Quality Improvement (CQI)

"Sampai Januari 2019 hanya Kabupaten Deliserdang di Provinsi Sumut yang sudah memiliki 4 Puskesmas mendapat predikat akreditasi utama," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Deliserdang dr Ade Budi Krista kepada SIB, Jumat (18/1).

Dijelaskan, pada tahun 2017 ada 10 Puskesmas di Deliserdang yang diakreditasi, hasilnya 2 utama (Puskesmas Galang dan Hamparanperak) dan 8 dasar. Sementara pada tahun 2018 hingga tahun 2019 hasilnya ada 2 utama (Puskesmas Batangkuis dan Namorambe), 8 madya dan 7 dasar serta 5 Puskesmas lagi belum keluar hasilnya.

Menurutnya, akreditasi adalah pengakuan terhadap Puskesmas yang telah berstandar untuk administrasi manajemen, upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat. Pengakuan itu dilakukan surveyor dari komisi akreditasi nasional yang idependen dan semua Puskesmas wajib diakreditasi.

Kata dr Ade, ada 5 kriteria yang dikeluarkan komisi akreditasi nasional yaitu tidak lulus, lulus dasar, lulus madya, lulus utama dan lulus paripurna. Penilaian mencakup sarana prasarana, SDM, sistem pelayanan publik, sistem pengaduan, perlindungan keamanan pasien dan petugas, kerjasama lintas sektor.

"Jadi dari 34 Puskesmas tinggal 2 lagi yang belum diakreditasi yaitu Puskesmas Petumbukan dan Gunungmeriah. Namun sudah masuk jadwal penilaian akreditasi pusat pada tahun ini. Sementara 5 Puskesmas yang belum keluar hasil akreditasi pada survei November 2018 lalu, kemungkinan akan keluar hasilnya Februari 2019," terang dr Ade.

Dia berharap hendaknya ada Puskesmas di Deliserdang menyandang akreditasi paripurna. Namun sampai saat ini belum ada yang tercapai. "Untuk mencapainya, kita terus melakukan peningkatan sarana prasarana, tenaga SDM terampil, pelayanan publik yang ramah, administrasi manajemen yang rapi dan kerjasama lintas sektor yang mantap," paparnya.

Kemudian untuk mendukungnya, tim akreditasi Dinkes Deliserdang selalu turun ke Puskesmas-puskesmas. Dimana sebelumnya setiap Puskesmas kata dr Ade Budi sudah mempunyai tim pendamping akreditas bersertifikat.

"Mudah-mudahan penilaian selanjutnya Puskesmas kita di Deliserdang mendapat penilaian yang terbaik dari pusat. Dan kita berharap kepada Kepala Puskesmas dan jajaran agar benar-benar melaksanakan tugas pokok dan fungsi melayani masyarakat," harap dokter itu mengakhiri.(C06/d)

T#gs Empat Puskesmas di Deliserdang Berpredikat Akreditasi Utama
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments