Sabtu, 14 Des 2019

Dua APK Caleg Dipasang di Depan Sekolah di Pancurbatu

* Panwas Janji akan Tinjau Lapangan
admin Sabtu, 19 Januari 2019 15:21 WIB

Pancurbatu (SIB)- Sesuai peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI No 23 tahun 2018, tidak dibenarkan pemasangan alat peraga kampanye (APK) di tempat-tempat fasilitas umum, termasuk di sekolah.

Namun, berdasarkan pantauan wartawan di lapangan, Jumat (18/ 1), ada dua baliho/spanduk calon legislatif (Caleg) DPRD Sumut dan DPRD Deliserdang dipasang di depan Sekolah Yayasan Perguruan Rakyat, Jalan Jamin Ginting, Desa Hulu, Kecamatan Pancurbatu. Menanggapi hal itu Komisioner Panwas Kecamatan Pancurbatu, Saronisa Ginting dan Stepanus Gurusinga mengatakan pihaknya baru mengetahui soal adanya pemasangan baliho/spanduk Caleg tersebut. "Kami baru tahu soal adanya pemasangan baliho/spanduk caleg di depan Yayasan Perguruan Rakyat tersebut.

Yang masih kami temukan adanya pemasangan baliho Caleg liar di kawasan Desa Gunung Tinggi, Kecamatan Pancurbatu," ujar Saronisa Ginting. Pihaknya akan mengecek ke lapangan. "Jika benar itu jelas menyalahi karena dipasang di tempat fasilitas umum dan kami akan surati pengurus Parpol yang mengusung Caleg dimaksud, termasuk tim suksesnya, agar segera melakukan pembongkaran," tambah Saronisa.

Memang terangnya, pihak Panwas Kecamatan masih sebatas memberi teguran saja, tapi belum melakukan penertiban. Ketika ditanya tenggat waktu pembiaran APK tersebut, Stepanus Gurusinga mengatakan, tinggal menunggu instruksi dari Badan Pengawas Kabupaten Deliserdang.

"Kita tidak bisa langsung melakukan penertiban terhadap ATK tersebut, sebelum mendapat instruksi dari Badan Pengawas Kabupaten Deliserdang. Nantinya, untuk melakukan penertiban kita koordinasi dengan pihak Trantib Kecamatan Pancurbatu," timpal Stepanus.

Pihak Panwas juga mengaku sudah menyurati pihak kecamatan terkait adanya APK liar tersebut. Namun, ketika dikonfirmasi kepada pihak Kecamatan Pancurbatu, Kasi Trantib Rohama mengaku, pihaknya belum ada menerima surat terkait penertiban APK dimaksud dari pihak Panwas Kecamatan Pancurbatu. (A17/c)

T#gs Dua APK Caleg Dipasang di Depan Sekolah di Pancurbatu
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments