Rabu, 03 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

Dr Haykal Amal Dorong Produk Koperasi dan UMKM Sumut Naik Kelas

redaksi Selasa, 14 Januari 2020 22:12 WIB
Foto: SIB/Dok
Haykal Amal
Medan (SIB)
Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mendorong produk-produk Koperasi dan UMKM Sumatera Utara (Sumut) agar dapat berdaya saing atau naik kelas sehingga bisa masuk ke pasar global.
Hal itu dikatakan Plt Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sumut Dr H Ridho Haykal Amal SH MH kepada wartawan, Senin (13/1) di ruang kerjanya.

Dijelaskan, Dinas Koperasi akan terus berupaya mejalin kerjasama dengan pihak ketiga untuk memperbesar akses pasar, baik di dalam negeri maupun luar negeri sehingga tercipta peluang dan permintaan terhadap produk-produk Koperasi dan UMKM.

"Ke depan, pelaku Koperasi dan UMKM dapat bekerja secara maksimal tanpa perlu takut produknya tidak bisa dipasarkan. Salah satu caranya adalah dengan mendukung dan membantu penjualan secara online, dengan membuat regulasi agar perusahaan aplikasi dari luar negeri turut mempromosikan dan menjual produk Koperasi dan UMKM kita," tuturnya.

Untuk itu pelaku Koperasi dan UMKM agar dapat meningkatan kualitas produksi dan inovasi untuk meningkatkan daya saing produk dan jasa yang dihasilkan.

"Kita bantu menyediakan teknologi dan sarana pendukung, untuk memperbaiki kualitas dan kapasitas produksi yang bisa digunakan secara kolektif. Kami juga akan membantu sertifikasi produk–produk UKM sehingga dapat bersaing di pasar global," ujarnya.

Diskop akan membantu pembiayaan yang akan menjadi solusi untuk meningkatkan pertumbuhan Koperasi dan UMKM. "Diskop akan mencari skema pembiayaan yang tepat. Salah satunya dengan membangun kemitraan dengan perusahaan-perusahaan besar, untuk membantu pembiayaan," katanya.

Selain itu, menekankan pentingnya kelancaran dan efisiensi transaksi UMKM seperti digital, dan juga kelancaran logistik sehingga memperkuat daya saing. Pengembangan kapasitas manajemen dan usaha Koperasi dan UMKM yang diwujudkan antara lain melalui pemberian konsultasi, pelatihan dan pendampingan oleh para ahli.

"Dengan langkah ini produk-produk lokal memiliki kesempatan yang sama untuk ditempatkan sejajar dengan produk-produk impor di mal-mal besar maupun negara sahabat," cetusnya. (M12/f)



T#gs
LebaranDPRDTebing
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments