Minggu, 15 Des 2019

Peringatan Hari Gizi Nasional ke-59

Dinkes akan Wujudkan "Three Zero" di Sergai

admin Jumat, 08 Februari 2019 11:24 WIB
SIB/Rimpun H Sihombing
FOTO BERSAMA : Usai kegiatan, Ketua TP PKK Sergai Hj Marliah Soekirman didampingi Kadis Kesehatan dr Bulan Simanungkalit, Anggota DPRD Meryanto, Tokoh Pemuda Dimas Triadji, Kapus Pantaicermin dr Naomi Manalu berfoto bersama dengan para Ibu dan balita, Rabu (6/2).
Sergai (SIB) -Dinas Kesehatan (Dinkes) berupaya agar Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) tercapai "Three Zero" yakni, zero angka kematian ibu, zero angka kematian bayi dan zero gizi buruk atau tidak ada lagi kematian ibu, kematian bayi dan bayi yang mengalami gizi buruk di Sergai.

Harapan itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Sergai dr Bulan dalam sambutannya pada Peringatan Hari Gizi Nasional ke-59 di Puskesmas Pariwisata Pantaicermin, Kecamatan Pantaicermin, Rabu (6/2).

"Untuk mewujudkan itu semua, kita harus bersama-sama dalam satu kata, satu langkah san satu tujuan. Untuk itu, diperlukan kerjasama dari semua pihak, tidak hanya pemerintah saja, tetapi seluruh lapisan masyarakat, terutama dari ibu hamil dan yang memiliki balita, agar semua tujuan dan cita-cita mulia kita, dapat tercapai", ujarnya.

Selaku Kadis Kesehatan, dirinya merasa bangga dengan adanya pergeseran prilaku ibu-ibu sekarang ini yang telah peduli dengan kesehatan dan gizi balitanya. "Kalau ibu zaman old (lalu) tidak peduli dengan gizi balitanya, cukup hanya imunisasi sampai usia sembilan bulan itu saja, setelah itu selesai. Tapi dengan kehadiran ibu-ibu sekarang ini, saya yakin, bahwa ibu-ibu yang hadir saat ini juga hadir secara rutin setiap bulan di posyandu, karena sudah peduli dengan gizi balitanya", ungkapnya.

Disampaikan Bulan Simanungkalit, generasi ke depan diletakkan di naluri kaum ibu. Ketika ibu tidak peduli dengan gizi balitanya, dapat dibayangkan bahwa pemimpin dan pejabat kabupaten Sergai ke depannya adalah pemimpin dan pejabat yang memiliki kecerdasan yang kurang.

"Tapi, dengan ibu-ibu sekarang ini sudah peduli dengan gizi. Artinya, kematian balita karena kurang gizi, tidak akan terjadi lagi, stunting (balita pendek) pasti akan menurun. Dengan demikian, tentunya calon pemimpin yang dilahirkan untuk memimpin pada periode-periode ke depan, adalah pemimpin yang cerdas", tegas dia.

Sementara, Ketua TP PKK Hj Marliah Soekirman mengapresiasi kehadiran para ibu dengan membawa balita yang dengan begitu atusias mengikuti rangkaian kegiatan. "Saya sangat mengapresiasi ibu-ibu sekalian yang berkenan hadir mengikuti kegiatan ini. Melihat ibu-ibu yang begitu antusias, saya yakin, Three zero dapat kita wujudkan di Sergai ini," ujarnya.

Peringatan hari gizi nasional ini diisi berbagai rangkaian kegiatan antara lain, lomba bayi sehat, penyuluhan tentang stunting, pemeriksaan USG kepada ibu hamil, pemberian imunisasi dan vitamin A kepada balita, pemberian makanan tambahan berupa kacang hijau, roti dan buah kepada balita dan pemberian souvenir kepada balita.

Turut hadir anggota DPRD Sergai Meryanto, tokoh pemuda Sergai Dimas Triadji, Muspika Pantaicermin serta Kepala Puskesmas Pantaicermin dr Naomi Manalu dan jajaran. (C02/l)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments