Jumat, 18 Okt 2019

Dinas Tarukim Provsu dan Zeni Dam I/BB Kerjasama

* Bangun 1000 Unit RTLH di 6 Kabupaten
Selasa, 19 Mei 2015 10:40 WIB
Medan (SIB)- Kepala Dinas Penataan Ruang dan Permukiman  (Kadis Tarukim) Provsu bekerjasama dengan Kepala Zeni DAM I/BB melakukan kerjasama pembangunan/rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di  Sumatera Utara TA 2015 dan penandantanganan pakta integritas.

Penandatanganan dilakukan   Kadis Tarukim Binsar Situmorang   dan Kepala Zeni Dam I/BB Kol.Czi Bambang Karyawan Pinilih disaksikan  Aster Kasdam I/BB Letkol. Arth. Fachruddin Usuluddin, dan Dandim 0209/Labuhan Batu, Dandim 0210 Tapanuli Utara, Dandim 0212 Tapanuli Selatan dan staf TNI lainnya   di  Aula kantor Dinas Tarukim Provsu, Senin (18/5).

Binsar Situmorang dalam sambutannya mengatakan, sesuai instruksi Presiden RI No. 3 Tahun 2010 tentang program pembangunan yang berkeadilan, menyebutkan bahwa diperlukan kesinambungan serta penajaman prioritas pembangunan nasional, yang meliputi program pro rakyat, keadilan untuk semua dan penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Serta pencapaian tujuan pembangunan millenium (millenium Development Goals-MDG’s).

Pernyataan ini, lanjutnya,  sejalan dengan visi dan misi Gubsu, dimana salah satu misinya adalah meningkatkan kualitas standar hidup layak, kesetaraan dan keadilan serta mengurangi ketimpangan antar wilayah.

Untuk mewujudkan misi tersebut, kata dia, Pemprovsu telah merencanakan dan melaksanakan pembangunan/rehabilitasi  RTLH sebanyak 6.000 unit rumah milik keluarga anggota Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yang dilaksanakan secara bertahap. "Itu dimulai dari tahun 2012 lalu, telah dilaksanakan pembangunan/rehabilitasi  sebanyak 1.500 unit RTLH pada 1 kabupaten dan 7 kota, tahun 2013 rehabilitasi 1.400 unit RTLH pada 5 Kabupaten. Tahun 2014 600 unit RTLH pada 4 kabupaten dan untuk TA 2015 ini, dilaksanakan pembangunan/rehabilitasi 1.000 unit RTLH, yang tersebar pada 6 kabupaten," katanya.
Dikatakannya, 6 kabupaten itu  yaitu Padang Lawas 160 unit, Padang Lawas Utara  170 unit, Labuhan Batu Selatan  170 unit, Tapanuli Utara  170 unit, Humbang Hasundutan 170 unit dan Samosir 160 unit.

Untuk mendukung kegiatan ini, kata dia, pada 20 April 2015 lalu Gubsu dan Pangdam I/BB telah menandatangani kesepakatan bersama tentang pelaksanaan rehabilitasi RTLH di wilayah Provsu, dengan tujuan mendorong partisipasi semua pihak untuk mewujudkan perumahan dan permukiman yang layak bagi MBR di Sumut,  dengan memanfaatkan sumber dana dan SDM yang ada pada pihak Pemprovsu dan Kodam I/BB.

Dalam kesepakatan bersama tersebut, kata dia, Gubsu menunjuk Distarukimsu dan Pangdam I/BB menunjuk Zeni Daerah Militer I/Bukit Barisan (ZIDAM I/BB) untuk melaksanakan kerjasama dalam hal pelaksanaan fisik, monitoring dan evaluasi kegiatan bantuan pembangunan/rehabilitasi RTLH di Sumut sesuai tugas dan fungsinya.

Seperti yang diselenggarakan pada Tahun Anggaran (TA) 2014, kata dia, bahwa pada tahun ini perbaikan rumah direncanakan tetap secara tipikal. "Jadi setiap rumah akan memperoleh jumlah bahan material yang sama, dengan pagu anggaran Rp 20 juta termasuk PPn dan PPh per unit rumah, yang akan disalurkan kepada penerima manfaat dalam bentuk bahan material bangunan.

“Kami berharap kebijakan ini akan memudahkan semua pihak untuk melaksanakan tanggungjawab sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing,” katanya.(A14/W)


T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments