Kamis, 09 Apr 2020

Dinas Kesehatan Sergai Waspada Dini Virus Corona

Redaksisib Selasa, 28 Januari 2020 11:47 WIB
kumparan.com

Ilustrasi

Sergai (SIB)
Maraknya pemberitaan terkait penyebaran virus corona, baik di media massa maupun media sosial, mendapat perhatian serius dari jajaran Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) dengan melakukan tindakan kewaspadaan dini.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sergai, dr Bulan Simanungkalit MKes MM didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P), Lia Simamora, Senin (27/1) di ruang kerjanya di Kantor Diskes, Komplek Kantor Bupati di Seirampah.

Bulan menjelaskan, virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernafasan manusia yang jamak menjadi biang penyakit batuk dan pilek. Virus yang terlihat seperti mahkota matahari jika dilihat di mikroskop ini, pertama kali diidentifikasi di Wuhan, China Tengah, pada akhir Desember 2019 dan telah menjangkit di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Vietnam, Thailand, Singapura, Jepang, Australia, Philipina dan Korea Selatan.

Dikatakannya, virus corona ini dapat menular antar manusia secara terbatas dan tidak terdapat transmisi penularan antar manusia secara luas dan berkelanjutan. Menurut Bulan, mekanisme penularan virus ini belum diketahui, kemungkinan penularannya dapat melalui percikan dahak (droplet) pada saat pasien yang terkontaminasi virus tersebut batuk atau bersin. Dapat juga melalui udara, melalui kontak mata dan kontak fisik, serta kontak dengan benda yang terkontaminasi virus corona tersebut. Sedangkan gejala yang timbul akibat virus corona ini adalah pasien yang terkontaminasi mengalami pneumonia (kekakuan paru-paru) seperti, demam, kelelahan dan batuk kering, sakit kepala dan sesak nafas.

"Hingga saat ini, virus corona belum masuk ke Indonesia, apalagi ke Sergai. Namun demikian, kita perlu melakukan langkah-langkah kewaspadaan dini. Hal ini penting sekaligus untuk memberikan edukasi dan informasi yang akurat kepada masyarakat Sergai terkait virus corona ini," ujarnya.

Bulan mengungkapkan langkah-langkah yang telah dilakukan Diskes Sergai antara lain, membuat surat edaran antisipasi kewaspadaan dini ke seluruh Puskesmas dan rumah sakit yang ada di Sergai, menginstruksikan kepada seluruh Puskesmas membuat pengobatan ke desa-desa, untuk menjaring pasien dengan indikasi demam, membentuk tim gerak cepat kejadian luar biasa serta peningkatan informasi dan edukasi kepada masyarakat melalui media cetak dan elektronik terkait virus Corona.

"Apabila ada dijumpai kasus, segeralah melaporkan ke Dinas Kesehatan Sergai, ke bidang pencegahan dan pengendalian penyakit menular (P2P) dengan kontak person 081269632411 dan 085276160011 atau ke email: [email protected]," imbau Bulan Simanungkalit. (T06/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments