Minggu, 31 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran

    Sekda Deliserdang Bentuk Relawan di Sunggal

    Dana SiLPA Desa Bisa Dialihkan untuk Tangani Virus Corona

    Kamis, 02 April 2020 12:11 WIB
    nasional.kompas.com

    Ilustrasi

    Deliserdang (SIB)
    Sekda Deliserdang, Darwin Zein memimpin rapat kordinasi (Rakor) pembentukan gugus tugas dan relawan Covid-19 dengan para kepala desa (Kades) se-Kecamatan Sunggal dan Kutalimbaru di Aula Kantor Desa Tanjungselamat, Sunggal, Rabu (1/4).
    Turut hadir, Asisten Adminitrasi Umum Dedi Maswardi, Kadis PMD Citra E Capah, Kadis Sosial Hendra Wijaya, Kadis Porabudpar Khairum Rijal, Kadis PPAKB Rabiatul Adawiyah, Camat Sunggal Ismail dan Camat Kutalimbaru.

    Sekda mengatakan, bahwa anggaran untuk pembentukan relawan Covid-19 akan segera diprioritaskan. Pekerjaan mereka nanti akan fokus untuk menjadi garda utama gugus tugas di setiap desa dalam memutus virus corona.

    Sementara ini terang Sekda, terdapat Orang Tanpa Gejala (OTG) sekitar 800 orang, Orang Dalam Pengawasan (ODP) sekitar 60 orang sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sekitar 3 orang. "Namun yang terpenting saat ini prinsip Pemkab Deliserdang ialah lebih baik mencegah dari pada mengobati," terangnya.

    Dana Silpa Desa
    Sementara, Citra E Capah menyebutkan bahwa dana Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) yang ada di desa bisa diambil untuk penanganan pencegahan virus corona.
    Menurut dia, seandainya wabah Covid-19 ini statusnya nanti menjadi tanggap darurat dari status siaga, maka dapat dibuat dapur umum.

    "Untuk itu dari sekaranglah buat anggaran dapur umum agar bisa dimasukkan ke P-APBD. Dan bisa juga dana yang silpa yang ada di desa, bisa diambil untuk penanganan virus corona. Asalkan dimasukkan dalam anggaran," ujar Citra E Capah.

    Ismail dalam laporan menyampaikan program yang sudah dijalankan oleh seluruh Forkopimcam Sunggal yaitu imbauan untuk pola hidup sehat, sosialisasi, penyemprotan cairan disinfektan maupun penindakan bagi masyarakat yang ODP.

    "Bukan itu saja, pihak kecamatan juga membagikan masker gratis serta menyerukan bagi masyarakat agar melakukan Social Distancing, dan menindak Warnet, Hotel dan Kedai Kopi yang buka di wilayah Sunggal yang buka hingga tengah malam," terang Ismail. (T05/f)


    T#gs Dana SiLPA Desa Bisa Dialihkan untuk Tangani Virus CoronaDarwin ZeindeliserdangPemkab Deliserdangrakorsekda Deliserdangelawan Covid-19
    LebaranDPRDTebing
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments