Kamis, 24 Sep 2020

DPRDSU Desak BBPJN dan Dinas BMBK Segerakan Perbaikan Jalan Rusak di Sumut

Jangan Sampai Ganggu Masyarakat Mudik Rayakan Natal dan Tahun Baru
redaksi Jumat, 06 Desember 2019 14:52 WIB
SIB/Dok
Parlaungan Simangunsong
Medan (SIB)
Sekretaris Komisi D DPRD Sumut mendesak BBPJN (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional) II Medan dan Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut untuk menyegerakan perbaikan jalan nasional maupun jalan provinsi yang rusak di daerah ini, guna melancarkan arus mudik bagi masyarakat yang merayakan hari Natal dan Tahun Baru.

"Kita berharap kepada pihak BBPJN II Medan untuk segera menyelesaikan proyek perbaikan jalan nasional di Sumut dan bagi Dinas BMBK Sumut hendaknya juga menuntaskan perbaikan jalan provinsi yang rusak di akhir tahun ini. Jangan sampai pengerjaan proyek jalan ini mengganggu masyarakat pulang kampung merayakan hari Natal dan Tahun Baru," tandas Parlaungan Simangunsong kepada wartawan, Kamis (5/12) di DPRD Sumut.

Politisi Partai Demokrat ini juga mengingatkan kedua instansi yang menangani jalan nasional maupun jalan provinsi tersebut untuk melakukan "tambal-sulam" terhadap jalan-jalan yang belum mendapat sentuhan perbaikan pada tahun anggaran di 2019, agar masyarakat yang pulang kampung bisa lancar.

"Tinggal beberapa minggu lagi, tahun 2019 akan berakhir dan akan tiba liburan Natal disusul Tahun Baru 2020. Arus mudik akan meningkatkan jumlah pengguna jalan, baik antar-kota maupun antar-provinsi. Kita mengingatkan Kepala BBPJN II Medan dan Kadis BMBK Sumut untuk memperbaiki jalan yang rusak dan menutup jalan yang berlobang, guna melancarkan arus mudik," ujar Parlaungan.

Berdasarkan pengamatan Parlaungan, setiap hari Natal dan Tahun Baru, jalur lalu-lintas yang paling padat dan sangat rawan macet, yakni jalur Medan - Berastagi - Dairi - hingga perbatasan Aceh. Jalur nenuju objek wisata Danau Toba (Medan - Tebingtinggi - Pematangsiantar - Parapat - Samosir - Taput - hingga Sibolga - Tapteng).

"Di titik-titik rawan kemacetan dan daerah rawan longsor, perlu disiagakan alat berat. Jika sewaktu-waktu jalan longsor, bisa secara cepat diatasi," ujar anggota dewan Dapil Medan ini sembari mendesak Dinas Perhubungan maupun aparat kepolisian ikut berpartisipasi melancarkan arus mudik nantinya, dengan mendirikan posko-posko pengamanan bagi pengguna jalan Parlaungan juga tidak lupa mengingatkan para bupati/wali kota se-Sumut agar ikut mendukung melancarkan arus mudik ini, dengan menerintahkan OPD (Organisasi Perangkat Daerah)-nya untuk memperbaiki jalan yang rusak, agar masyarakat tidak merasa terganggu pulang kampung.

"Kita ingin masyarakat yang liburan ke kampung halamannya merayakan Natal dan Tahun Baru merasa nyaman dan aman, tidak ada gangguan di jalan. Jangan sampai terjadi kecelakaan gara-gara jalan rusak, karena masyarakat bisa menuntut pemerintah yang lalai memperbaiki jalan," ujar Parlaungan. (M03/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments