Minggu, 31 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • DPRDSU: Anggaran Perawatan Mobil Dinas Anggota Dewan TA 2015 Dianggarkan Rp2,217 M

DPRDSU: Anggaran Perawatan Mobil Dinas Anggota Dewan TA 2015 Dianggarkan Rp2,217 M

Rabu, 17 Juni 2015 09:58 WIB
Medan (SIB)- Kalangan DPRD Sumut merasa heran, besarnya anggaran biaya perawatan kendaraan dinas yang dicantumkan di APBD Sumut TA 2015 mencapai Rp2,217 miliar. Padahal anggota legislatif itu sendiri yang menanggung  biaya perawatan kendaraan, seperti penggantian suku cadang dan servis berkala untuk operasional selama menjabat.

Hal itu diungkapkan anggota F-PDI Perjuangan DPRD Sumut Sutrisno Pangaribuan, menanggapi pertanyaan wartawan, Selasa (16/6) di DPRD Sumut tentang besarnya biaya perawatan kendaraan dinas dewan. Sementara, untuk perawatan mobil dinas ditanggung sendiri oleh anggota legislatif.

Walaupun ia belum dapat “jatah” mobil dinas seperti rekan-rekannya yang lain, Sutrisno merasa heran adanya ditemukan di APBD Sumut TA 2015 biaya perawatan 177 mobil dinas untuk anggota dewan dan sejumlah staf. Padahal perawatan mobil dinas itu ditanggung anggota dewan.

“Sampai saat ini saya memang belum mendapatkan mobil dinas seperti rekan yang lain. Padahal saya sudah beberapa kali meminta kepada pihak Sekretariat DPRD Sumut untuk segera diberikan dengan alasan, keberadaan mobil dinas sebelumnya masih belum dikembalikan oleh mantan legislator periode lalu,” katanya.

Ia juga melihat jika anggaran pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas yang diperuntukkan bagi 177 kendaraan baik roda empat maupun roda dua, sebesar Rp.2.217.000.000. Angka tersebut dibagi untuk belanja jasa service Rp682juta yang dibagi dalam service Rp432 juta dan biaya sisip cat mobil Rp250 juta dalam setahun.

Sementara untuk belanja suku cadang, dianggarkan  Rp695 juta dengan pembagian untuk ban mobil dan sepeda motor Rp300 juta setahun, suku cadang Rp300 juta setahun dan penggantian battery mobil dan sepeda motor Rp95 juta setahun.

Selain itu, katanya, ada juga belanja bahan bakar minya (BBM)/gas dan pelumas  Rp840 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). Anggaran tersebut dirincikan menjadi Rp838,8 juta pertahun untuk pembelian BBM, gas dan oli serta Rp1,2 juta untuk pembelian 150 liter minyak.
Operasional Pimpinan Dewan

Ditemui terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Umum sekretariat DPRD Sumut Effendi Batubara mengatakan bahwa mobil dinas yang diperuntukkan bagi anggota dewan dengan status pinjam pakai sudah diserahkan. Begitu juga empat mobil yang sebelumnya masih ditahan mantan legislator periode lalu, juga sudah ada pada mereka. Sedangkan mobil untuk Sutrisno sendiri dikatakanya sudah diinformasikan kepada yang bersangkutan untuk bisa diambil.

"Mobilnya sudah siap sedia untuk dipakai. Kita juga sudah informasikan kepada yang bersangkutan untuk diambil. Silahkan saja, kan sudah lama ada sama kita," kata Effendi didampingi Kasubag Rumah Tangga Pahasim Harahap.

Sementara untuk biaya perawatan rutin dan pergantian suku cadang, ia membantah ada anggaran yang diperuntukkan bagi mobil dinas anggota dewan. Pasalnya anggaran yang ada di pos tersebut hanya untuk operasiona pimpinana dewan dan para pejabat di lingkungan sekretariat dewan serta kendaraan dinas berupa minibus dan bus lainnya.

"Memang tidak ada itu anggarannya. Mobil dinas itu kita  sudah kasi pinjam pakai bagi anggota dewan, ya mereka (anggota dewan)  yang menjaga dan merawatnya. Makanya tidak bisa kita berikan biaya perawatannya," sebutnya.(A03/w)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments