Sabtu, 26 Sep 2020

DPRD SU Desak BWSS II Serius Tangani Banjir DAS di Sungai Babura

Rabu, 16 September 2020 10:58 WIB
Foto SIB/Firdaus Peranginangin

Terima Aspirasi: Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting saat menerima aspirasi masyarakat  Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan,  Minggu (13/9/2020) di lapangan parkir Gereja GBKP Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan.

Medan (SIB)
Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mendesak BWSS II (Balai Wilayah Sungai Sumatera II) serius menangani persoalan banjir di DAS (Daerah Aliran Sungai) Babura yang mengancam serta menggerus pemukiman penduduk.

Desakan itu ditegaskan Baskami Ginting kepada wartawan, Minggu (13/9) di Medan seusai menggelar kegiatan Reses III DPRD Sumut tahun sidang I 2019-2020 di lapangan parkir Gereja GBKP Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan.

Menurut Baskami, dalam pertemuan reses yang dihadiri Sekcam Medan Tuntungan, Lurah Kelurahan Mangga, Babinsa dan warga Kelurahan Mangga, masyarakat merasa resah akibat bencana banjir yang berulang terjadi di kawasan Simalingkar.

Sebagaimana diketahui, wilayah Perumnas Simalingkar itu terbagi dua, satu wilayah masuk Kota Medan dan wilayah lainnya masuk administrasi, Kabupaten Deliserdang. Terjadinya banjir setelah meluapnya Sungai Simalingkar B dan Sungai Babura sepanjang 3 Km.

Politisi PDI Perjuangan ini mengakui wilayah yang terkena banjir secara administrasi berada di wilayah Pemko Medan dan Pemkab Deliserdang. Tapi DAS berada dalam pengawasan dan tanggungjawab Balai Wilayah Sungai Sumatera II.

"Atas dasar itu, kita mendesak BWSS II segera berkordinasi dengan Pemprov Sumut dan Pemkab terkait, agar secepatnya memperhatikan DAS Babura yang sangat membahayakan pemukiman penduduk sepanjang alur sungai tersebut," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Baskami juga mengingatkan warga agar tetap menjaga kebersihan sungai, karena saat melakukan pemantauan beberapa waktu lalu terhadap Sungai Babura, ditemukan banyak sampah, kayu, bambu hingga kasur di sepanjang alur sungai.

"Selain membuat air jadi jorok dan kotor, sampah juga dapat menghambat aliran air, sehingga memperparah banjir di musim hujan," kata Baskami seraya mengigatkan BWSS II untuk bergerak cepat mengatasi DAS Babura yang sudah menggerus rumah warga. (M03/f)
T#gs Balai Wilayah Sungai Sumatera IIDaerah Aliran SungaiDesakKetua DPRD SumutSungai baburaTangani Banjir
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments