Selasa, 21 Mei 2019

Cetak Lulusan SMK Siap Kerja, Disdiksu akan Dirikan Dua Bangunan SMK Khusus

admin Kamis, 14 Maret 2019 16:49 WIB
Ilustrasi
Medan (SIB) -Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara akan membangun dua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yaitu SMK Kopi di Mandailingnatal (Madina) dan SMK Pariwisata di kawasan Dairi yang dekat dengan Danau Toba sebagai destinasi wisata terbaik Sumut berkelas dunia.

Kepala Dinas Pendidikan Provsu Arsyad Lubis, menjelaskan pendirian kedua SMK berbasis kekayaan alam ini sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

"Harapan Pemprovsu adalah agar keberadaan SMK kita dapat berjaya seperti dulu yang lebih dikenal dengan Sekolah Teknik Mesin (STM), Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA), Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Sekolah Guru Olahraga (SGO) dan lain sebagainya. Dan kita berharap pembagunan SMK ini berdampak pada begitu siswa SMK khusus ini tamat dapat langsung bekerja sesuai bidangnya masing-masing, baik dalam dunia usaha maupun dunia industri," kata Arsyad kepada SIB di Medan, Rabu (13/3).

Dijelaskannya, alasan pembangunan SMK Kopi di Madina ini, karena Sumut memiliki potensi kopi dengan cita rasa berkelas dunia.
"Mengingat keberadaan kopi di daerah itu sudah sangat terkenal di seluruh dunia.

SMK Kopi yang lokasinya di Ulu Pungkut, Madina ini akan lebih fokus bagaimana bertanam kopi yang baik dari sejak proses penyemaian sampai pada pengolahan produksinya," katanya.

Selanjutnya adalah SMK Pariwisata di Dairi yang lokasinya tidak jauh dari destinasi wisata Danau Toba sebagai salah satu objek wisata terbaik dunia.

"Jadi pemilihan itu berdasarkan potensi daerah masing-masing, dan konsepnya akan bersinergi serta melibatkan pihak swasta untuk mendukung pengadaan alat praktik dan kurikulum," jelasnya.

Arsyad menyampaikan beberapa waktu lalu telah melaksanakan workshop di Surabaya guna membahas beberapa hal penting perihal pembangunan SMK Pariwisata tersebut. Sedangkan SMK Kopi dalam waktu dekat akan melaksanakan workshop di Batam.

"Pendirian SMK Kopi dan SMK Pariwisata ini diharapkan mampu meluluskan siswa-siswi yang unggul, kreatif, dan inovatif sejalan dengan kemajuan zaman yang serba digital." (A21/f)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments