Jumat, 23 Agu 2019

Raker Bahas Program Kerja Tahun 2019 di Berastagi

Bupati Sergai Ingatkan Pimpinan OPD Terapkan Sistem "ATM"

admin Minggu, 20 Januari 2019 15:58 WIB
SIB/Dok
BUKA RAKER : Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya saat membuka Raker dan Evaluasi Program Kerja tahun 2019 di Berastagi, Kabupaten Karo, Jumat (18/1).
Sergai (SIB)-Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdangbedagai (Sergai) menggelar rapat kerja (Raker) membahas program kerja tahun 2019 di Aula Sibayak Hotel, Berastagi, Kabupaten Karo, Jumat (18/1).

Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman dan dihadiri Wabup H Darma Wijaya, Sekdakab Drs Hadi Winarno MM, Ketua TP PKK Hj Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Hj drg Khairani Hadi Winarno, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan Camat se-Sergai.

Bupati Soekirman mengucapkan terima-kasih karena dalam setiap kegiatan, semua pimpinan OPD berusaha menjadi yang terbaik.

Sebagai Kepala daerah, dirinya akan terus mengingatkan jajarannya agar bekerja dengan baik. "Terima-kasih, hal ini telah dapat dipahami dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Disampaikannya, terdapat tiga kategori yang menjadi pembahasan yakni kesalahan administrasi, adanya kerugian negara serta Operasi Tangkap Tangan (OTT). "Jika kesalahan administrasi, dapat diselesaikan secara administratif. Namun jika tidak, maka akan jatuh pada ranah hukum pidana," terangnya.

Menurutnya, cerita sukses masing- masing OPD berbeda-beda. Untuk itu, diminta agar cerita dan kiat sukses tersebut, dapat ditularkan kepada para pimpinan OPD lain agar diambil hal positifnya. "Terapkan sistem Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM) dalam proses pengelolaan administrasi keuangan yang baik dari daerah lain untuk semakin baiknya kinerja pemerintahan kita," tegas Soekirman.

Sementara Wabup Darma Wijaya menyampaikan kegiatan Raker bertujuan untuk evaluasi dan koordinasi guna perbaikan dan memaksimalkan pelayanan publik langsung kepada masyarakat.

Hal ini untuk menjaga kepercayaan masyarakat atas kinerja pemerintah daerah yang dipimpin oleh bupati dan wabup beserta jajaran.

Wabup juga meminta OPD untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan maksimal dan mendukung peraihan opini Wajat Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK dengan meninggalkan pola pengelolaan yang dikerjakan disaat mendekati waktu dan terburu-buru, sehingga hasilnya tidak maksimal.

"Mulailah dengan pola administrasi yang terukur, rapi dan terencana dengan baik. Jika hal tersebut telah kita biasakan, maka kita optimis WTP itu akan kita dapatkan," tegas Darma Wijaya.

Sedangkan Sekdakab Drs Hadi Winarno MM menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong peraihan opini WTP. Dikatakannya, target utama untuk mencapai hal tersebut yakni harus menyampaikan laporan keuangan kepada BPK pada akhir Pebruari 2019 mendatang.

Dia juga meminta Kepala OPD agar setiap bulan memeriksa kas pengeluaran dengan rutin. "Hindari kurang fokus atas pekerjaan serta singkirkan pola kerja yang harus diperintah dahulu baru dikerjakan," imbau Hadi Winarno.

Raker diisi penyampaian laporan kegiatan oleh Asisten Administrasi Umum H Karno SH MAP dan penyampaian proyeksi penggunaan anggaran Pemerintah Kabupaten Sergai dari tahun anggaran 2016 hingga 2018 oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) H Gustian.

Pada tempat yang sama, juga dilaksanakan family gathering sekaligus pembubaran panitia HUT ke-15 Kabupaten Sergai. Pada kesempatan itu, Bupati dan Wabup menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada kaum ibu selaku isteri yang mendukung kinerja suami sehingga sukses dan berhasil meraih target pencapaian.

"Sebab, keberhasilan kita semua melaksanakan kegiatan tersebut tidak terlepas dari peran ibu-ibu, sehingga segala rencana dapat berjalan dengan baik," ungkap Soekirman. (C02/d)
T#gs Bupati Sergai Ingatkan Pimpinan OPD Terapkan Sistem quot ATM quot
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments