Senin, 16 Sep 2019
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Bupati Pimpin Pencanangan Bakti Sosial TNI-KK BPK dan Peringatan Harganas di Deliserdang

Bupati Pimpin Pencanangan Bakti Sosial TNI-KK BPK dan Peringatan Harganas di Deliserdang

admin Rabu, 21 Agustus 2019 12:19 WIB
SIB/Dok
PUKUL GONG: Bupati Ashari Tambunan disaksikan Ketua TP PKK Yunita Ashari dan pejabat lainnya pukul gong sebagai tanda peringatan Harganas dan pencanangan bakti sosial TNI-KKBPK di Pagarmerbau, Selasa (20/8).
Pagarmerbau (SIB) -Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan memimpin peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI dan Pencanangan Bakti Sosial TNI-KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga), Selasa (20/8) di Lapangan Bola Kaki PTPN II, Pagarmerbau yang ditandai dengan pemukulan gong dan peninjauan stand pelayanan KB, pelayanan Kesehatan serta Stand UPPKS.

Kepada ratusan kader KB dan Kesehatan, bupati dalam sambutannya mengingatkan bahwa pembangunan keluarga menjadi hal yang sangat penting. Karena keluarga merupakan pondasi dalam sebuah kehidupan dalam pengamalan nilai agama, sosial, serta nilai-nilai moral secara praktis mulai ditumbuhkan dan berproses.

Dengan demikian katanya, kualitas kehidupan suatu keluarga berpengaruh langsung dalam menentukan kualitas bangsa dan negara. Namun pada kenyataannya banyak fakta yang memberikan pembelajaran hidup, bahwa masih didapatinya keluarga mengalami perubahan pola kehidupan, yang memberi pemahaman bahwa masih ditemukannya keluarga yang rentan terhadap terjadinya dehumanisasi, disfungsi keluarga dan melemahnya hubungan kekeluargaan.

Hal itu menurut Ashari Tambunan dapat terjadi akibat masih adanya pandangan bahwa keluarga belum berfungsi sebagai wadah utama dan pertama dalam membina anak-anak. Belum terimplementasinya 8 fungsi keluarga yaitu keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, sosialisasi, pendidikan dan ekonomi serta pembinaan lingkungan.

"Peringatan ini harus dapat dijadikan sebagai momentum dalam meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat akan pentingnya keluarga kecil. Demi terwujud keluarga yang berketahanan, generasi yang berkualitas, mandiri dan berkepribadian," ajak Ashari.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Temazaro Zega mengatakan, dalam pencapaian target program-program pemerintah untuk mensejahterakan rakyat tentu tidak dapat dilaksanakan sendiri-sendiri. Perlu sinergitas antar lembaga pemerintah pusat melalui BKKBN, pemerintah kabupaten/kota, TNI bersama seluruh mitra kerja stake holder.

Sementara Dandim 0204/DS dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Danramil Beringin Mayor (Inf) Makmur Siahaan mengatakan bahwa program tersebut untuk menyosialisasikan secara luas program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Dengan tujuan untuk membantu pemerintah dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, agar seimbang dengan ketersediaan pangan dan energi. (T05/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments