Jumat, 25 Sep 2020
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Bupati Langkat: Pacu Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Infrastruktur Penunjang

Bupati Langkat: Pacu Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Infrastruktur Penunjang

redaksi Selasa, 10 Desember 2019 12:29 WIB
medan.tribunnews.com
Ilustrasi Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-Angin SE.
Langkat (SIB)
Pemerintah Kabupaten Langkat berupaya memacu pembangunan pertanian guna mempertahankan swasembada pangan dan peningkatan pendapatan petani melalui pembangunan infrastruktur penunjang.

Hal itu disampaikan Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin melalui Asisten Adm Umum Musti SE MSi saat memimpin apel gabungan ASN di jajaran Pemkab Langkat di halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (9/12).

Upaya dalam mempertahankan swasembada pangan, katanya berupa pembangunan dan rehabilitasi sarana irigasi, penyediaan alat mesin pertanian, penerapan teknologi spesifik lokasi, dukungan sarana produksi dan permodalan, jaminan harga gabah dengan memberikan insentif produksi.

Pemberian subsidi premi asuransi usaha tani padi dan sapi, pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana penyuluhan pertanian, serta peningkatan sumber daya manusia bagi petani.

Program tersebut jelas Musti, sejalan dengan program pemerintah pusat yang mencanangkan revitalisasi pertanian, peternakan dan perkebunan. Serta telah menetapkan pencapaian sasaran peningkatan produksi beras nasional dua juta ton dan selanjutnya kenaikan lima persen setiap tahunnya.

Sejalan dengan itu disebutkan organisasi perangkat daerah (OPD) beserta stakeholder lainnya, agar mendukung dibentuknya komando strategis pembangunan pertanian (Konstratani) di tingkat kecamatan dan komando strategis pembangunan daerah (Kostrada) di tingkat kabupaten.

Melalui kegiatan itu diharapkan produksi pertanian meningkat, baik kuantitas, kualitas dan kontiniutas serta kedaulatan pangan nasional dapat terwujud. Konstratani dan Kostrada bertujuan meningkatkan penguatan sarana prasarana, kelembagaan, kapasitas SDM dan penyelenggaraan pembangunan pertanian, sebutnya. (M24/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments