Minggu, 20 Okt 2019

Bupati Harap Koperasi Deliserdang Rubah Paradigma Kuantitas Jadi Kualitas

admin Kamis, 10 Oktober 2019 15:58 WIB
SIB/Jekson Turnip
GUNTING PITA: Ketua TP PKK Deliserdang, Yunita Ashari menggunting pita pertanda dibukanya stand pameran hari koperasi yang disaksikan Bupati Asahari Tambunan, mantan Wabup Deliserdang Zainuddin Mars dan Kadis Koperasi Tarmiji di Tanjungmorawa, Selasa (8/10).
Tanjungmorawa (SIB) -Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan bersama Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Deliserdang, Hj Yunita ashari dan Hj Sri Pepeni Yusuf serta Ketua DWP Herawati Darwin menghadiri Hari Koperasi ke-72 dengan tema Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0, Selasa (8/10) di Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD), Tanjungmorawa.

Dalam sambutannya, bupati mengatakan bahwa koperasi merupakan sokoguru perekonomian dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kendatipun menurut dia akan dihadapkan pada era revolusi industri 4.0, koperasi harus memberi pengaruh tata nilai kehidupan keseharian masyarakat.

Menghadapi kondisi demikian, ia berharap kepada semua pihak agar tidak perlu khawatir. "Solusinya koperasi harus mengambil langkah strategis dengan reorientasi mengubah paradigma pendekatan kuantitas menjadi kualitas, melakukan pembaharuan terhadap organisasi koperasi, pengembangan usaha meningkatkan kapasitas koperasi dengan cara memperluas program kemitraan yang melibatkan pelaku ekonomi, BUMN, swasta, perbankan serta stakeholder lainnya untuk memfasilitasi akses pengembangan dan pemasarannya," kata Ashari.

Dalam peringatan itu bupati turut menyerahkan hibah peralatan produksi dari Dinas Koperasi dan UKM Deliserdang kepada 5 kelompok koperasi, penyerahan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari Dinas Pertanian kepada 30 kelompok tani dan penyerahan berbagai hadiah.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Deliserdang H Tarmiji dalam laporannya menjelaskan peringatan itu merupakan salah satu momentum yang sangat strategis dimana dikenal sebagai era digitalisasi yang mewarnai kehidupan industri dan akan teraplikasi pada perilaku keseharian masyarakat. Oleh karenanya, koperasi harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal dan didasari tekad untuk siap berubah dalam mensikapi tantangan kekinian.

Acara itu juga dirangkai dengan lomba tangkas terampil koperasi tingkat SLTA sebagai juara SMAN 1 Sunggal, koperasi berprestasi kategori teladan KPRI Pemkab Deliserdang dan KUD Setia Tani, koperasi fungsional terbaik I KPRI Setia Kutalimbaru, koperasi non fungsional KSU Aronta Namorambe. Lalu penyerahan 31 penerima sertifikat NIK (Nomor Induk Koperasi) tahun 2019 dan 8 koperasi penerima Badan Hukum Koperasi tahun 2019.

Hadir pada acara itu mantan Wakil Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars, pimpinan OPD, Camat se-Deliserdang, pimpinan perusahaan BUMN/BUMD dan Perbankan, para pengurus koperasi tingkat skunder dan primer serta pelaku usaha kecil dan menengah. (T05/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments