Minggu, 27 Sep 2020
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Bukti untuk Dukungan Calon Perseorangan Pilkada Medan Mulai Diserahkan Hari Ini

Bukti untuk Dukungan Calon Perseorangan Pilkada Medan Mulai Diserahkan Hari Ini

Kamis, 11 Juni 2015 11:07 WIB
Medan (SIB)- Bakal calon walikota dan wakil wali kota jalur independen yang ingin maju di Pilkada Medan 2015 diminta menyerahkan bukti dukungan mulai hari ini, Kamis (11/6). Hal ini disampaikan  komisioner KPU Kota Medan, Pandapotan Tamba saat memberikan keterangan mengenai tahapan penyerahan syarat dukungan perseorangan bakal calon wali kota/wakil wali kota di Kantor KPU Kota Medan Jalan Kejaksaan Medan, Rabu (10/6).

Hadir dalam kesempatan tersebut Komisioner KPU Medan Divisi SDM, Irwansyah dan komisioner KPU Medan divisi Hukum Agussyah R Damanik. "Mulai besok (hari ini-red), masing-masing pasangan bakal calon yang ingin maju dari jalur independen sudah bisa menyerahkan bukti dukungan mereka kepada KPU Medan," katanya.

Pandapotan menjelaskan, masa penyerahan bukti dukungan tersebut akan berlangsung hingga tanggal 15 Juni 2015 mendatang. Petugas KPU Medan akan menerima berkas syarat dukungan perseorangan tersebut pada jam kerja yakni sejak pukul  08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

"Dalam 5 hari tersebut kami menerima penyerahan berkas tersebut hingga pukul 16.00 WIB," ujarnya.

Pandapotan menambahkan, SK KPU Kota Medan nomor 04/kpts/KPU-MDN/2015, jumlah syarat dukungan minimal yang harus dipenuhi bakal calon perseorangan sebanyak 160.367 dukungan yang ditandai dengan fotocopy KTP, Kartu Keluarga, Paspor dan kartu identitas lainnya. Dukungan tersebut diserahkan dalam bentuk hard copy dan soft copy. Syarat dukungan ini sendiri akan diverifikasi oleh jajaran KPU Medan tingkat PPK dan PPS.

"Kita akan melakukan verifikasi faktual mengenai kebenaran dari dukungan tersebut," sebutnya.

KPU Kota Medan menurut Tamba tidak hanya akan menerima penyerahan bukti dukungan perseorangan jika jumlah yang diserahkan mencapai angka minimal tersebut. Jika tidak memenuhi jumlah dukungan minimal, maka pasangan bakal calon tersebut akan diberi masa perbaikan hingga 3 hari kedepan. Jika dalam rentang waktu tersebut tidak kunjung memenuhi jumlah minimal, maka KPU Medan akan mengembalikan syarat dukungan tersebut kepada bakal calon disertai berkas acara yang menyatakan calon tersebut tidak memenuhi syarat dari jalur independen.

Akan tetapi bagi bakal calon yang memenuhi jumlah syarat minimal dukungan tersebut setelah proses verifikasi faktual, maka bakal calon tersebut akan dinyatakan memenuhi syarat dukungan untuk maju dari jalur independen sekaligus menjadi "tiket" bagi yang bersangkutan untuk mendaftar pada saat dibukanya jadwal pendaftaran yakni 26 Juli 2015.

"Pendaftaran bakal calon perseorangan yang dinyatakan memenuhi syarat dukungan minimal akan dilaksanakan serentak dengan pendaftaran bakal calon dari usungan partai politik," demikian Tamba. (A18/h)


T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments