Sabtu, 25 Mei 2019

Seminar Dampak Media Sosial di Medan

Banyak Pihak Belum Menyadari Dampak Buruk Penggunaan Medsos

admin Kamis, 16 Mei 2019 14:18 WIB
SIB/Dok
Kepala SMA Santo Thomas 2 Medan Drs Nelson Nababan MSi memberikan sambutan dalam pelatihan dan Workshop Literasi Digital dan Dampak Media Sosial di Aula Gereja Katolik Hayam Wuruk Medan, Sabtu (11/5).
Medan (SIB) -Pengaruh teknologi khususnya penggunaan internet dan media sosial sangat masif oleh banyak kalangan khususnya pelajar. Namun banyak pihak belum menyadari dampak buruk penggunaan media sosial (medsos) tersebut.

Hal itu dikemukakan Jamson Siboro MSc yang juga wakil kepala SMA Santo Thomas 2 Medan dalam seminar dan workshop dampak media sosial, Sabtu (11/5) di aula Gereja Katolik Hayam Wuruk Medan.

Jamson Siboro menyebutkan, pentingnya penyelenggaraan kegiatan ini karena dirasa sikap, mental dan moralitas generasi muda sekarang ini sudah mulai tergerus oleh pengaruh buruk media sosial dan perkembangan teknologi serta kurangnya literasi digital di kalangan remaja.

Berangkat dari kerisauan tersebut, menurut Jamson Siboro, para pelajar sekarang sudah melupakan nilai-nilai etika yang benar dalam bermedia sosial.

Sementara itu, Wakil kepala SMA Santo Thomas 2 Medan Rafael Suranta Bangun SPd mengatakan kegiatan ini diadakan SMA Santo Thomas 2 Medan bekerjasama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Foundation dan Do Something Indonesia.
Facebook bergabung dengan YCAB, lembaga non-profit yang berfokus pada pengembangan kaum remaja, untuk meluncurkan Program Literasi Digital.

Menurut Rafael, seminar dan workshop Think Before You Share Campaign Day Out diikuti siswa kelas X IPA/IPS selama dua jam. Para siswa mengikuti sesi pelatihan dan mereka saling berbagi informasi mengenai topik yang terkait dengan literasi digital yang dipaparkan YCAB Foundation, dan Do Something Indonesia.

Sementara pihak YCAB Foundation, Samantha Susilo menjelaskan,kegiatan tersebut bertujuan mengedukasi para pengguna sosial media untuk melahirkan konten positif. Ini diwujudkan dengan acara campaign Think Before You Share. Kegiatan ini juga telah digelar di ribuan SMA di Indonesia seperti Medan, Jakarta, Malang, dan kota-kota lainnya.

"YCAB dan Do Something memiliki visi dan misi yang sejalan dengan Facebook dalam melahirkan konten positif dalam sosial media. Melalui campaign Think Before You Share ini kami harapkan para pengguna Facebook khususnya para pelajar di kota Medan dalam hal ini di SMA Santo Thomas 2 Medan lebih bijak dalam menggunakan jejaring sosial," ungkap Samantha.

Kepala SMA Santo Thomas 2 Medan Drs Nelson Nababan MSi sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan YCAB Foundation bersama Do Something Indonesia.

"Kami berharap para siswa tidak memposting konten negatif seperti pornografi, hoax dan lainnya. Tentunya peran orangtua dan guru sangat berperan dalam menghadirkan konten positif. SMA Santo Thomas 2 Medan akan berupaya menghadirkan pembelajaran yang berpengaruh positif untuk pengembangan diri siswa, untuk itulah pihak sekolah menjalin kerja sama dengan YCAB Foundation bersama Do Something Indonesia mengadakan kegiatan ini," sebutnya.

Nelson Nababan menambahkan, Konten dikembangkan oleh YCAB Foundation bersama Do Something Indonesia sangat cocok dengan kebutuhan pelajar di SMA Santo Thomas 2 Medan seperti cara benar menggunakan media sosial, tips dasar keamanan internet, dan sosialisasi kemampuan literasi digital yang relevan untuk para pelajar. (R8/rel/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments