Selasa, 22 Okt 2019

BC Musnahkan Rokok Berpita Cukai Palsu

Admin Jumat, 07 Desember 2018 15:44 WIB
SIB/Pally S
Belawan (SIB) -Petugas Kanwil Bea dan Cukai (BC) Sumut serta pihak Poldasu, Kamis sore (6/12) memusnahkan ratusan ribu batang rokok ilegal atau menggunakan pita cukai palsu.

Pemusnahan dilakukan dengan cara membakar pada sejumlah tungku pembakaran di Pangkalan Kanwil BC Sumut di Belawan.

Kakanwil BC Sumut Oza Olavia yang dikonfirmasi wartawan melalui Kasi Penindakan Fobi Tri mengatakan, pemusnahan rokok ilegal hasil penindakan kepabeanan dan cukai tersebut dilakukan setelah mendapat persetujuan dari pihak Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Lebih lanjut dikatakannya, rokok yang dimusnahkan terdiri JJ Mild sebanyak 4.600 batang, Mahkota sebanyak 144.000 batang dan merek Bunga Cakra sebanyak 160.000 batang, sedangkan nilai keseluruhan rokok kurang lebih Rp 154 juta dengan potensi kerugian negara sekitar Rp 114 juta.

Seluruh rokok tersebut diproduksi perusahaan di Pulau Jawa, sedangkan modus operandi pemasarannya dilakukan pihak tertentu dengan melekatkan pita cukai palsu pada bungkus rokok.

Penindakan terhadap peredaran rokok dengan pita cukai palsu itu di lakukan petugas BC dan kepolisian beberapa pekan lalu dari kawasan Sergai. Namun belum ada yang ditetapkan sebagai tesangka.

"Tersangka belum ada, kita masih melakukan proses pemberkasan," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut pihak BC Sumut juga menginformasikan sejak Januari hingga November 2018 telah menangani sedikitnya 23 kasus peredaran rokok dengan pita cukai palsu. (A8/h)
Editor: Admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments