Jumat, 13 Des 2019
  • Home
  • Medan Sekitarnya
  • Awasi Truk Kelebihan Tonase,Dishub Sumut Berencana Bangun Jembatan Timbang Portable

Awasi Truk Kelebihan Tonase,Dishub Sumut Berencana Bangun Jembatan Timbang Portable

redaksi Selasa, 12 November 2019 11:51 WIB
Merdeka.com
Ilustrasi

Medan (SIB)
Kadishub (Kepala Dinas Perhubungan) Sumut Abdul Haris Lubis menegaskan, pihaknya berencana membangun jembatan timbang di sejumlah ruas jalan provinsi di Sumut, untuk mengawasi truk-truk kelebihan tonase, guna menjaga ketahanan jalan di daerah ini.
Hal itu ditegaskan Abdul Haris Nasution dalam rapat dengar pendapat Komisi D DPRD Sumut yang dipimpin Ketua Komisi D H Anwar Sani Tarigan didampingi Sekretaris Komisi D Edi Susanto Ritonga dan dihadiri anggota Komisi D Ari Wibowo, Tangkas M Tobing, Aulia Rizki Aksa dan lainnya, Senin (11/11) di DPRD Sumut.


"Kita sudah punya rencana membangun jembatan timbang secara portable di sejumlah jalan provinsi di Sumut, guna mengawasi truk-truk yang melebihi tonase. Hal ini sangat penting, demi menjaga ketahanan jalan yang akhir-akhir ini kerap dikeluhkan masyarakat, akibat terjadi kerusakan," ujar Abdul Haris.


Menurut Kadishub, konsep Ranperdanya sudah disiapkan dan anggaran pengadaan jembatan timbang sistem "portable" (bisa dipindah) ini sudah dialokasikan di APBD Sumut 2020 sebanyak 3 unit.


"Target penempatannya di jalan provinsi yang dianggap strategis, seperti jalan provinsi Bukitlawang Kabupaten Langkat yang kita ketahui kawasan yang sangat vital dilintasi truk-truk pengangkut Galian C yang kerap melebihi tonase, sehingga merusak jalan," tegas Abdul Haris.


Selain itu, tambahnya, ruas jalan provinsi di Kabupaten Madina (Mandailingnatal) dan Kabupaten Labuhanbatu khususnya di kawasan Pelabuhan Tanjung Sarang Elang yang merupakan kawasan penghasil komoditi perkebunan.


Apresiasi
Menanggapi rencana Kadishub tersebut, Anwar Sani Tarigan, Tangkas M Tobing dan Ari Wibowo menyampaikan apresiasinya atas rencana pembangunan jembatan timbang tersebut dan berharap segera dibuat kajian akademisinya, untuk selanjutnya dibahas Ranperdanya.


"Sepanjang tidak melanggar aturan, kita di lembaga legislatif siap memfasilitasi pembahasannya, agar ketahanan jalan provinsi di Sumut semakin baik dan jika ini terwujud, akan menjadi kebanggan bagi daerah ini," ujar Ari Wibowo senada Tangkas M Tobing. (M03/c)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments