Rabu, 20 Nov 2019

Anggota DPRD Medan Kecewa Karena Perwakilan OPD Tidak Hadiri Reses

admin Senin, 04 Februari 2019 19:25 WIB
Medan (SIB)- Anggota DPRD Medan Roby Barus kecewa karena perwakilan organisasi pimpinan daerah (OPD) atau kantor dinas Pemko Medan tidak hadir pada pelaksanaan reses pribadinya. Padahal surat undangan sudah dilayangkan oleh Ketua DPRD yang ditujukan kepada wali kota untuk mengundang OPD terkait.

"Reses saya hanya dihadiri Sekcam, lurah dan Kepling, padahal saya minta utusan dinas terkait supaya diutus pada reses. Seperti Dinas Kesehatan, PU Bina Marga, Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pendidikan dan lainnya, tapi satupun tidak hadir," kata Roby kepada wartawan pada reses I sesi II tahun 2019, Rabu (30/1) di Jalan Laboratorium, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat. Padahal katanya yang disampaikan dalam reses adalah program-program Pemko, sekaligus mendengar aspirasi masyarakat tentang plus dan minus hasil pembangunan.

"Reses adalah amanah UU dimana dewan harus melaksanakannya 3 kali dalam setahun di daerah pemilihan masingmasing. Anggarannya juga besar. Kalau disia-siakan, sama saja Pemko mengabaikan amanah UU, anggaran yang dipakai jadi sia-sia," terangnya.

Mantan Seketaris DPC PDIP dan Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan ini mengungkapkan bahwa kejadian seperti ini sudah berulang. Tapi sedikitpun tidak ada teguran Wali Kota Dzulmi Eldin kepada jajarannya. Padahal surat dewan ditujukan kepada wali kota.

"Menjadi tanda tanya, apakah wali kota yang tidak memerintahkan OPD atau OPD yang tidak menggubris perintah wali kotanya. Saya tidak keberatan kalau reses ini ditiadakan saja, ayo kita (pemko dan dewan) samasama ke Kemendagri agar khusus untuk DPRD Medan diusulkan tidak ada reses. Roby juga mengkritisi kinerja Sekda Medan yang baru Wiriya Arrahman yang pada awalnya sangat tegas kepada OPD dan jajaran ASN, tapi belakangan mulai kendur. Terbukti beberapa reses dewan tidak dihadiri perwakilan OPD.

Ini membuktikan pejabat tersebut tidak loyal kepada Sekda tapi tidak diberi sanksi apa-apa. "Sekda jangan pura-pura tegas, kalau tingkah laku pimpinan OPD sama saja seperti dulu untuk apa berjanji akan membenahi struktur di Pemko. Mendingan Sekda yang lama dipertahankan. Tolong kepada Pemko agar kami dihargai, karena dewan sejajar dengan pejabat daerah. Kalau tidak suka, tolong balas surat dewan bahwa anda tidak suka dan tidak mau hadir pada reses.

Lebih baik kita blak blakan aja, daripada pura-pura hormat dan santun tapi di hati lain," ungkap Roby Barus kesal. Pada reses itu, masyarakat kebanyakan masih memertanyakan persoalan infrastruktur yang rusak, seperti lampu jalan umum, drainase termasuk BPJS, pendidikan, sampah dan lainnya. "Itu harus dijelaskan oleh perwakilan OPD. Saya lebih bangga terhadap para Kepling yang selalu antusias menghadiri reses," paparnya. (A10/l)
T#gs Anggota DPRD Medan Kecewa Karena Perwakilan OPD Tidak Hadiri Reses
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments