Minggu, 20 Sep 2020

Anggota DPRD Medan: SIB Memberi Pencerahan

admin Senin, 13 Mei 2019 09:40 WIB
SIB/Dok
Medan (SIB) -Memberi pencerahan dan berbagi informasi yang ada di Sumatera Utara khususnya dan seluruh Indonesia serta luar negeri pada umumnya, merupakan tugas yang diemban Surat Kabar Harian Sinar Indonesia Baru (SIB). Hal itu dibuktikan dengan pemberitaan yang seimbang dan layak dipercaya.

Hal itu dikemukakan 3 Anggota DPRD Medan, Drs Daniel Pinem, Ir Parlaungan Simangunsong dan Paul Mei Anton Simanjuntak SH, saat diwawancarai SIB secara terpisah, Minggu (12/5).

Disebutkan Drs Daniel Pinem, SIB merupakan bacaan wajib bagi dirinya dan keluarga sejak era 90-an karena ringan, mudah dipahami dan enak dibaca. Apalagi pemberitaan SIB banyak terkait peristiwa sekitar masyarakat. "Kalau mau tahu kejadian di Sumut, bacalah SIB," ujar Politisi PDI Perjuangan itu lagi.

Sejak dirinya masih lajang, SIB merupakan bacaannya karena banyak didapati di warung-warung kopi. Dan setiap hari ada saja yang bisa dibahas dari berita yang diterbitkan di harian kebanggaan warga Sumut ini.

Selain itu, sebagai barometer Sumut, SIB mampu mengimbangi keinginan pembaca dengan menampilkan berita politik, kesehatan, agama dan lainnya. Harapan Politisi PDI Perjuangan yang dipastikan mendapatkan 1 kursi lagi di DPRD Medan ke depan, SIB semakin jaya dan disenangi pembacanya. Selain itu, berita pembangunan di seluruh Sumut hendaknya diperbanyak, agar masyarakat tahu bagaimana kinerja pemerintah saat ini.

Hal senada diungkapkan Ir Parlaungan Simangunsong yang merupakan Politisi Partai Demokrat, kepada wartawan mengatakan SIB merupakan barometer Sumut dalam hal pemberitaan. "Kalau mau tahu kondisi Sumut saat ini, buka saja SIB, sudah pasti ada dan layak dipercaya," ujarnya.

Politisi yang mengaku sudah berlangganan SIB sejak 2005 ini, menyatakan suka membaca berita di harian ini, karena beritanya jelas dan enak dibaca. Berita yang tidak bertele-tele sangat disenangi pembaca, apalagi seperti SIB yang mampu mengimbangi keinginan pembaca.

Anggota DPRD Medan ini menyebutkan, keluarganya dan masyarakat Porsea juga sangat menyukai berita di SIB, disamping juga koran ini cepat sampai ke sana. Dia berharap SIB dapat tetap jaya dan disenangi pembaca, serta banyak memuat pembangunan di Kota Medan, daerah-daerah di Sumut dan nasional, ujarnya.

Diakui Politisi yang dipastikan bisa merebut 1 Kursi DPRD Sumut ini, pagi hari setelah bangun, sebelum minum teh atau kopi, dirinya pertama sekali akan mencari SIB sebagai bahan bacaan. Hal itu sudah mendarah daging dan dilakukannya hingga saat ini.

Sementara itu, Paul Mei Anton Simanjuntak SH yang mengaku sebagai pembaca setia SIB mengatakan, SIB dalam menyajikan pemberitaan sudah sesuai dengan umurnya yaitu lebih matang dalam mengumpulkan fakta-fakta, komprehensif atau lebih luas dalam segi liputan pemberitaan.

Sehingga tidak membatasi segmen pemberitaan, pemilihan objek pemberitaan yang aktual dan sesuai tren pemberitaan dan bahasanya yang mudah dipahami semua kelompok umur, lintas suku, budaya dan agama. Pemberitaannya lugas dan tegas sehingga mampu membuat perubahan dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bagi generasi milenial, SIB juga menjadi pembelajaran bagi mereka karena mudah dibaca dan dipahami. Kalimat-kalimat yang disajikan di SIB sangat mudah dipahami sehingga pembaca tidak perlu "mengernyitkan dahi" saat membaca SIB, ujar Politisi PDI Perjuangan yang juga sudah memastikan 1 kursi di DPRD Medan itu.

"Saya menilai pemberitaan harian SIB secara umum sudah cukup baik," sebutnya seraya menambahkan, di tengah banyaknya hoax sekarang yang beredar, Harian SIB tetap mampu melaksanakan kode etik jurnalistik dengan senantiasa selalu menguji informasi dan melakukan cek dan ricek dalam pemuatan berita.

Ketiga politisi ini juga merasa bangga dengan adanya koran yang didirikan Bapak DR GM Panggabean ini, karena bisa mewarnai Sumut dengan informasi dari berbagai elemen masyarakat, tanpa memandang suku, agama dan aliran. (M13/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments