Rabu, 20 Nov 2019

Anggaran Pilwako Medan Berkisar Rp 60 Miliar Lebih

admin Jumat, 14 Juni 2019 11:46 WIB
Ilustrasi
Medan (SIB) -Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Agussyah Damanik memerkirakan anggaran untuk Pemilihan Wali Kota Medan periode 2020-2025 sebesar Rp 60 miliar lebih. Saat ini, pihaknya menyusun Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang diperlukan dan akan mengajukannya kepada Pemko Medan.

"Kita sedang dalam tahap revisi, akan selesai dalam waktu dekat ini. Bila melihat anggaran yang lalu mungkin lebih dari Rp 60 miliar," ujarnya, Rabu (12/6).

Dikatakannya jumlah tersebut perlu diperinci, sebab ada pos-pos yang nantinya akan dikoreksi guna efisiensi. "Kita akanmelakukan efisiensi. Semua itu tergantung bagaimana kebutuhan termasuk jumlah TPS yang akan didirikan," katanya.

Agussyah menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan pencermatan kembali RAB yang akan diajukan ke Pemko Medan. "Kita masih mencermati, sejumlah Komisioner KPU juga masih di Jakarta menyelesaikan gugatan di Mahkamah Konstitusi sehingga masih butuh waktu," katanya.

Terkait tahapan, kata Agussyah, pihaknya juga menunggu legal standing, berupa PKPU yang dikeluarkan KPU RI. Saat ini pihaknya masih mengacu pada UU No 10 tahun 2016 Tentang Pemilihan kepala daerah. "Kami perkirakan mungkin tahapannya akan dimulai pada akhir tahun ini," tambahnya.

Adapun KPU Sumut, kata Agussyah telah menginstruksikan KPU Kabupaten dan Kota untuk berkoordinasi kepada Pemko dan Pemkab terkait anggaran. "Belum ada instruksi lebih lanjut, saya kira bila masalah anggaran telah selesai maka kami akan konsolidasi lebih dahulu," tambahnya.

Mengenai partisipasi pemilih, Agussyah optimistis pada pemilihan Wali Kota Medan tahun 2020, partisipasi masyarakat melonjak dibanding lima tahun lalu. Selain euforia Pilpres dan Pileg 2019, menurut Agussyah dinamika lokalitas Kota Medan turut memengaruhi masyarakat datang ke TPS. "Banyaknya kandidat yang muncul, kuatnya peran partai dan tingginya kepercayaan masyarakat akan menyebabkan meningkatnya partisipasi masyarakat," jelasnya. (M14/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments