Kamis, 02 Jul 2020
PalasBappeda

Aktivitas Bisnis di Medan Masih Sepi di Hari ke-3 Lebaran

* Harga Bawang Merah Mahal, Cabai Merah Anjlok
Rabu, 27 Mei 2020 10:28 WIB
tribunnews.com

Salah satu jalan protokol di Medan 

Medan (SIB)
Hari ketiga Lebaran yakni Selasa (26/5), aktivitas bisnis di Medan sepi. Ruko-ruko banyak yang masih tutup, yang beroperasi antara lain, apotik, swalayan, toko roti, toko keramik, bengkel terutama di kawasan Jalan Krakatau, Jalan Pancing, Jalan Sutomo, Jalan AR Hàkim dan Jalan Prof M Yamin.

Sedangkan di sejumlah pusat perbelanjaan mewah atau mall sudah ada aktivitas, namun pengunjung masih sepi seperti di Mall Center Point.

Sementara itu pasar-pasar tradisional, mulai ramai seperti di Pasar Cemara, Pasar Durian, dan Pasar Palapa.
Menurut pantauan SIB, di pasar-pasar tradisional harga-harga bahan pokok yang masih mendominasi mahal yakni bawang merah antara Rp 52.000 hingga Rp55.000 per Kg.

"Umumnya bawang merah yang dijual di pasaran Medan didominasi bawang merah asal Brebes, kondisinya kering. Beda dengan bawang merah produksi Sumut lembab dan ukurannya kecil,” ungkap Ny Siahaan kepada SIB di Pasar Durian, Selasa (26/5).

Komoditi lain yang juga masih mahal seperti tomat Rp12.000 per Kg. Sedangkan harga cabe merah anjlok Rp 12.000 per Kg. Sayur-mayur yang dijual masih minim, belum banyak seperti hari-hari biasa.

Sementara itu ikan basah juga masih terbatas jumlahnya yang dijual pedagang, misalnya ikan dencis, ikan nila hitam, ikan senangin, ikan tongkol.

"Ikan yang dijual nelayan minim, nelayan masih berlebaran," ujar Nasution.
Menurutnya, harga jual ikan dencis Rp35.000 per Kg, ikan nila hitam Rp25.000 per kg. Dia memerkirakan dagang ikan segar mulai operasional secara penuh dalam beberapa hari ke depan.

Menurut pantauan SIB, aktivitas bisnis lainnya yang masih sepi antara lain di kawasan Jalan Asia, Sutomo, Jalan Cirebon, Jalan Surabaya, Jalan Bandung, Semarang, Jalan Pandu, Palangkaraya dan Brigjen Katamso.

Sementara itu, bank-bank di Medan sudah mulai operasional mulai hari Selasa (26/5) namun pengunjung masih sepi. Para pegawai bank yang bekerja masih sebagian karena masih ada yang WFH (Work From Home). (M2/p)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments