Minggu, 18 Agu 2019

Aktif di Parpol, Anggota Panwas Dilaporkan ke Panwaslu Binjai

Jumat, 30 Oktober 2015 10:07 WIB
Binjai (SIB)- Oknum Panwaslu Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai berinisial Mhd Us yang diketahui sebagai Pengurus Partai Golkar DPD Kota Binjai periode 2009- 2015 dilaporkan ke Panwaslu Kota Binjai karena hal itu melanggar Undang-Undang No 15 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum bahwa setiap penyelenggara harus independen dan tidak sebagai anggota partai. Dalam surat laporan yang disampaikan BKW Binjai No.093/BCWpO-KB/LP.Et/X/ 2015 tanggal 28 Oktober 2015 ditegaskan bahwa, anggota Panwaslu Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai berinisial “MU” diketahui masih menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Keagamaan di DPD Partai Golkar Kota Binjai periode 2009-2015, yang masa jabatannya akan berakhir pada November 2015.

Hal itu tertulis di dalam SK hasil revitalisasi tahap II DPD Partai Golkar Provinsi Sumatera Utara No.KEP-46/GK-SU/XI/2012 tanggal 19 November 2012. BCW meminta kepada Ketua Panwaslu Kota Binjai, agar mengambil tindakan tegas terhadap anggota Panwaslu Kecamatan Binjai Utara tersebut, karena jelas telah melanggar Undang-Undang No.15 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Menurut Ketua BCW Kota Binjai Gito Affandy, langkah yang dilakukan ini merupakan sikap kritis terhadap proses penjaringan Personil Panwaslu khususnya untuk Kota Binjai yang hari gini masih saja ada pihak-pihak yang diduga masih mau melajukan tindakan persekongkolan untuk memutuskan orang yang statusnya tidak legal untuk duduk di Panwaslu.

“Ini fenomena yang tidak sehat dengan tujuan tertentu untuk berpihak kepada kepentingan calon yang diusung partai yang dinaunginya. Nah jika persoalan seperti ini masih juga dianggap hal biasa tanpa memberi tindakan atau sanksi yang diatur Undang-Undang, maka tamatlah nilai reformasi dan transparansi dalam dunia perpolitikan di Negeri ini,” ujar Gito. (A29/y)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments