Selasa, 12 Nov 2019

Acara Pelantikan dan Gebyar Karang Taruna Atlet Klub Sergai Dihadiri Bupati

Senin, 08 Juni 2015 11:00 WIB
SIB/Willi Harianja
FOTO BERSAMA: Bupati Sergai Ir H Soekirman yang didamping Ketua DPC Karang Taruna Kab Sergai Bpk Kisman, Staf Ahli, SKPD, Camat Bandar Khalifah Patricia Banjarnahor, Kades Pekan Bandar Khalifah Jonson Aritonang, Plt Kades Juhar Tiarma Sitohang, Plt Kades
Tanjung Beringin (SIB)- Karang Taruna merupakan wadah untuk menampung generasi muda sebagai salah satu pilar kekuatan dalam membangun desa. ”Pemuda sebagai pusat dinamika di desa mempunyai ciri kreatif dan berkeinginan besar jika disatukan dengan tiga kekuatan desa lainnya yakni aparat desa, tokoh masyarakat, dan dunia usaha tentu akan menunjang keberhasilan pembangunan di desa.

Laporan Camat Tanjung Beringin Sudarno SSos selaku ketua panitia, juga selaku tuan rumah menyampaikan, terima kasih atas kehadiran Bupati Sergai yang senantiasa memberikan dukungan moral kepada Pengurus Karang Taruna dalam mewujudkan pembinaan generasi muda yang berpotensi untuk tetap berkarya. “Kami berharap Karang Taruna yang ada di Sergai khususnya di enam kecamatan ini bisa menjadi Karang Taruna yang memiliki kemampuan untuk meneruskan cita-cita bangsa. Mudah-mudahan kehadiran Bupati Sergai  dapat menjadi motivasi sehingga ke depan rekan-rekan Karang Taruna di enam kecamatan dan desa/kelurahan bisa memperlihatkan prestasi yang lebih baik daripada sebelumnya,” ujarnya.

Camat menambahkan acara pelantikan Karang Taruna itu meliputi 6 Kecamatan, Kabupaten Sergai yaitu Kecamatan Tanjungberingin, Bandarkhalifah, Tebingsyahbandar, Tebingtinggi, Sei Bamban dan Kecamatan Sei Rampah  serta 66 desa/kelurahan yang dirangkai dengan Gebyar Karang Taruna Atlet Klub Sergai,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Karang Taruna Sergai Kisman mengucapkan terimakasih atas bantuan dari jajaran Pemkab Sergai sebagai pembina fungsional yang telah membantu kegiatan karang taruna seperti melakukan pembinaan teknis berupa pelatihan manajemen organisasi, bimbingan keterampilan, pemberian bantuan stimulan dalam bentuk pengembangan usaha ekonomi produktif.

Ketua DPRD Kabupaten Sergai  H Syahlan Siregar ST dalam sambutannya menyampaikan, menjalankan sebuah organisasi itu perlu kesiapan mental yang kuat dan sumber daya manusia yang baik. “Saya ingin merubah mindset para pengurus seluruh organisasi dan juga pemerintahan yang ada di Sergai. Selama ini saya melihat sebuah organisasi itu yang tampil hanya pengurus yaitu ketua dan sekretarisnya.

Ini bisa terjadi karena mereka menganggap sebuah organisasi merupakan kelompok kerja dan yang lainnya dianggap sebagai sekumpulan domba yang pasif dan ketua dengan sekretarisnya sebagai pengembalanya. Jelas ini salah, sehingga organisasi itu tidak bisa berjalan. “Sebuah organisasi adalah kelompok kerja yang terdiri dari orang – orang yang berenergi, bersemangat, berilmu pengetahuan, berpengalaman yang dapat digalang untuk mencapai tujuan bersama, itulah hakekat sebuah organisasi,” pungkas Ketua DPRD Kab Sergai.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Sergai  Ir H Soekirman menyampaikan bahwa Kabupaten Sergai mendapat penghargaan sekolah yang menjalankan kelestarian lingkungan juara adiwiyata mandiri tingkat nasional yang diserahkan Presiden Joko Widodo di Istana Presiden dari 9 sekolah se-Sumatera Utara. “Dengan demikian ia meminta kepada seluruh pengurus Karang Taruna yang baru dilantik harus kerja keras dan terus bekerja. Untuk itu saya melihat ada dua potensi yang harus Karang Taruna pikirkan dan gerakkan yaitu potensi sumber daya manusia dan potensi sumber daya alam,” papar Soekirman.

Lebih lanjut dikemukakan bupati, dari dua kecamatan, pengurus Karang Taruna yang sudah dilantik bisa sebagai tenaga penggerak untuk meningkatkan pembangunan kesejahteraan sosial memiliki peran yang cukup besar dalam pembangunan masyarakat untuk dapat meningkatkan potensi dan peran aktifnya.

“Dengan harapan saya optimis bahwa lima tahun mendatang Sergai akan menjadi sarang pemimpin pemimpin di Sumatera Utara, asal elemen – elemen masyarakat khususnya yang tergabung di Karang Taruna ini bekerja dengan konsep-konsep objektif dan rasional, dimana untuk menjadi sumber daya manusia yang baik, pemimpin yang baik, tokoh masyarakat yang baik harus memiliki empat modal yaitu modal kapasitas, elektalibilitas, popularitas dan finansial,” pungkasnya. (A28/f)


T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments