Kamis, 21 Nov 2019

74 RS di Malaysia Tampung 600.000 Pasien Indonesia

Admin Kamis, 20 Desember 2018 15:50 WIB
Medan (SIB) -Warga Indonesia yang berobat ke Malaysia meningkat tiap bulan. Hingga Agustus 2018, lebih 600 ribu pasien dari Tanah Air ke negara semenanjung tersebut. Prediksi Malaysia Healthcare, 2019 pasien dari Indonesia mencapai sejuta orang. 

Demikian diutarakan Chief Executive Officer Malaysia Healthcare Sherene Azli di Medan, pekan lalu. "Mengorganisir untuk memberi layanan maksimal, ada 74 rumah sakit (RS) di seluruh Malaysia bergabung dalam Malaysia Healthcare," ujarnya di Hotel Le Polonia Medan, Jumat pertengahan Desember.

Sherene Azli menjelaskan, Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) bersama penyedia layanan kesehatan swasta terkemuka di antaranya Institut Jantung Negara (IJN), pusat kesehatan kardiologi terbaik di Malaysia, Loh Guan Lye Specialists Centre di Penang dan ALPS Medical Centre pusat estetika dan cosmetology. 

Menurutnya, orang Indonesia khususnya yang di Sumatera sudah familiar dengan Pulau Pinang. Soalnya, ujarnya, sejumlah orang spesialis dari Loh Guan Lye Specialists Centre Pinang lebih selalu datang. Dan di kegaitan itu, tenaga kesehatan dari institusi serupa bicara tentang "Nasopharynx Cancer", sejalan dengan fokus mereka pada topik telinga, hidung dan tenggorokan (THT). "Ini juga menandai Malaysia sebagai tujuan utama untuk perawatan THT di Asia Tenggara," ujar Sherene Azli.

Kegiatan yang bermitra dengan Junior Chamber International (JCI) Medan itu menyertakan pembicaraan soal kardiologi atau jantung dengan Institut Jantung Negara (IJN), di mana tema "Cardiology as a Lifestyle" dibahas oleh para profesional di bidangnya. Kemitraan ini menghasilkan menempatkan Malaysia pada peta untuk wisatawan medis dari Medan sebagai pusat kardiologi Asia.

Vice President JCI Medan Mawarni Putri Tampubolon mengatakan, JCI mengapresiasi kegiatan ini, mengingat memang sejuah ini banyak warga Indonesia, khususnya Medan dan sekitarnya kerap melakukan perobatan di Malaysia. "Kita sama-sama tahu jika memang Malaysia menjadi salah satu tempat utama warga Medan untuk beorbat. Maka tidak ada salahnya, JCI Medan dalam hal ini turut andil mensosialisasikan kegiatan tersebut," jelasnya. (T/R10/h)
Editor: Admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments