Jumat, 18 Oktober 2024

Forwakum Sumut Kecam Kepala Inspektorat Deliserdang yang Hardik Wartawan

Rido Sitompul - Kamis, 17 Oktober 2024 22:53 WIB
82 view
Forwakum Sumut Kecam Kepala Inspektorat Deliserdang yang Hardik Wartawan
Foto Dok/Ist
Ketua Forwakum Sumut Aris Rinaldi Nasution.
Medan (harianSIB.com)
Forum Wartawan Hukum Sumatera Utara (Forwakum Sumut) dengan tegas mengecam tindakan Kepala Inspektorat Deliserdang, yang menghardik seorang wartawan saat liputan mengenai netralitas ASN.

Ketua Forwakum Sumut Aris Rinaldi Nasution, mengungkapkan bahwa tindakan Kepala Inspektorat Deliserdang merupakan bentuk intimidasi yang tidak dapat diterima.

"Insiden ini berpotensi mengancam kebebasan pers, yang merupakan pilar penting dalam sebuah sistem demokrasi dan keberadaan pers sangat dibutuhkan di tengah kehidupan masyarakat," tegasnya, Kamis (17/10/2024).

Baca Juga:

Forwakum Sumut juga menyoroti perilaku Kepala Inspektorat yang dianggap mencederai prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan.

"Sikap arogan yang ditunjukkan oleh pejabat publik seharusnya tidak terjadi. Perilaku seperti itu mencerminkan sikap layaknya 'preman', bukan sikap seorang pejabat yang berpegang teguh pada undang-undang disiplin ASN," jelasnya.

Baca Juga:

Lebih lanjut, Aris menekankan pentingnya perlindungan terhadap jurnalis yang meliput isu-isu sensitif, apalagi peran media adalah mengawasi tindakan pemerintah.

"Kami mendesak pihak terkait untuk mengambil tindakan tegas terhadap perilaku Kepala Inspektorat Deliserdang yang dinilai telah menghardik wartawan saat menjalankan tugasnya," tegas dia.

Forwakum Sumut meminta kepada semua pihak untuk menjaga hubungan yang konstruktif antara media dan instansi pemerintah demi menciptakan lingkungan yang mendukung kebebasan pers.

"Kita berharap agar tindakan serupa tidak terulang kembali, dan wartawan dapat melaksanakan tugasnya dengan aman dan nyaman," pungkasnya.

Diketahui seorang wartawan MNC Group Amiruddin mengalami aksi arogansi dari Kepala Inspektorat Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024).


Kejadian tersebut terekam kamera. (*)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru