Jumat, 20 September 2024

Cegah Stunting dan Memperkuat Ketahanan Keluarga, Ketua TP PKK Sergai Sosialisasikan Pelayanan PPKS

Sutan S Silaen - Selasa, 17 September 2024 17:51 WIB
123 view
Cegah Stunting dan Memperkuat Ketahanan Keluarga, Ketua TP PKK  Sergai Sosialisasikan Pelayanan PPKS
Jurnalis SIB News Network|SNN / Sutan Silaen
ARAHAN : Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya memberikan arahan saat sosialisasi PPKS Satyagatra di Kecamatan Tanjung Beringin, Selasa (17/9/2024).

Sergai (harianSIB.com)

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, menghadiri acara Sosialisasi Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) di Kantor Camat Tanjung Beringin, Selasa (17/9/2024).

Dalam sosialisasi kali ini, turut hadir Ketua Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Sergai, Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan, Kadis P2KBP3A dr. Helminur Iskandar Sinaga, M.Kes, Camat Tanjung Beringin Chinta Tambunan dan Kepala Puskesmas Tanjung Beringin Drg Sherlyta Mutia Hutabarat.

Baca Juga:

Rosmaida Saragih dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Sergai yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam menangani masalah stunting. Upaya ini merupakan langkah penting dalam menciptakan generasi unggul dan inovatif yang siap bersaing di masa depan.

Ia menggarisbawahi beberapa faktor penyebab masalah gizi pada balita, termasuk kurangnya pengetahuan orang tua tentang pengasuhan, tantangan dalam membangun keluarga, dan terbatasnya akses masyarakat terhadap informasi serta konseling ketahanan keluarga, untuk tumbuh kembangnya anak.

Baca Juga:

Ia juga menerangkan bahwa berdasarkan hasil intervensi serentak, seluruh balita di Kabupaten Sergai telah terukur berat dan tinggi badannya dengan capaian 100 persen.

Hasil analisa data inilah nanti akan menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Sergai dalam upaya meningkatkan kualitas gizi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa kita.

Ketua TP PKK Sergai menegaskan bahwa PPKS Satyagatra hadir sebagai solusi terpadu untuk membantu keluarga mengatasi berbagai permasalahan. Saat ini layanan ini tersedia di Balai Penyuluhan KB di setiap kecamatan dan di masa yang akan datang diharapkan dapat diperluas hingga ke setiap desa atau kelurahan di seluruh Sergai.

Masyarakat dapat mengakses secara gratis layanan PPKS Satyagatra yang telah menyediakan delapan jenis layanan, termasuk konsultasi dan konseling keluarga balita, remaja, pranikah, hingga keluarga lansia. Selain itu, pusat ini juga memberikan pembinaan pemberdayaan ekonomi keluarga.

Dengan layanan yang lebih luas, diharapkan setiap keluarga dapat mengakses informasi dan dukungan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Harapannya, sosialisasi ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh peserta yang hadir saat ini maupun masyarakat luas, untuk membangun keluarga yang tangguh dan berdaya saing.

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru