Minggu, 20 Oktober 2024

Raih Akreditasi Unggul, Dr Humuntal Rumapea: Kita Telah Siap Ciptakan Dokter Unggul

Wilfred Manullang - Rabu, 11 September 2024 12:36 WIB
295 view
Raih Akreditasi Unggul, Dr Humuntal Rumapea: Kita Telah Siap Ciptakan Dokter Unggul
(Foto harianSIB.com/Wilfred Manullang)
Ketua YPGMI Pdt Binran Sipayung, Rektor UMI Dr Humuntal Rumapea M.Kom bersama guru besar dan dekan FK UMI perlihatkan Akreditasi Unggul, Selasa (10/9/2024).
Medan (harianSIB.com)

Mempertahankan atau meraih sesuatu sama-sama bukanlah sesuatu yang mudah dikerjakan. Apa yang telah dicapai tahun ini merupakan hasil kerja sama semua pihak.

"Kita harus bersyukur mendapatkan hasil yang sangat memuaskan mengingat kita telah mempersiapkannya dengan cukup lama," ungkap Rektor UMI Dr Humuntal Rumapea M.Kom saat memberikan ucapan selamat atas keberhasilan Fakultas Kedokteran UMI meraih Akreditasi Unggul periode 2024-2029, Selasa (9/9/2024).

Hadir pada acara sederhana tersebut diantaranya Ketua YPGMI Pdt Binran Sipayung, Wakil Ketua Drs Jatongam Nainggolan MM, Dekan FK UMI Alexander P. Marpaung, MKT, dr Eka Samuel P. Hutasoit, Sp.OG, M.M, guru besar Prof Dr dr Hadyanto Lim M.Kes, SpFK, panitia akreditasi.

Baca Juga:

Humuntal menjelaskan bahwa untuk meraih Akreditasi Unggul bukanlah hal yang mudah. Kita harus mempersiapkan segalanya sesuai dengan petunjuk dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT-KES).

"Karena kerja keras dari panitia dan juga arahan dari guru besar Prof Lim akhirnya FK UMI meraih Akreditasi Unggul," terangnya.

Baca Juga:

Untuk itu, dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat. Khususnya kepada LAM PT-KES yang memberikan masukan.

Lebih lanjut Humuntal menjelaskan program studi yang meraih Akreditasi Unggul yakni
Program Studi Profesi Dokter dan Program Studi Sarjana Kedokteran.

Karena itu, Humuntal meminta kepada semua pihak khususnya Dekan Fakultas Kedokteran yang baru dilantik, untuk terus menjaga kualitas.

Dengan raihan ini diharapkan jumlah mahasiswa kuliah di FK UMI bertambah. Mengingat tahun ini ada penururan jumlah mahasiswa. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya dibukanya fakultas kedokteran di Medan.

"Kita sudah pernah diskusi dengan pihak kelembagaan bahwa Medan belum membutuhkan FK baru. Sebab yang ada sekarang saja kuotanya belum terpenuhi," terangnya.

Sementara Ketua YPGMI Pdt Binran Sipayung mengucapkan selamat atas keberhasilan Fakultas Kedokteran UMI. Dia meminta semua pihak mempertahankannya dan mempersiapkan segala sesuatu, bukan menyiapkan saat diperlukan.

"Akreditasi Unggul tidak ada artinya jika perilaku kita kepada mahasiswa tidak baik," jelasnya.

Dikatakannya keberhasilan ini menunjukkan bahwa Tuhan masih bersama kita. "Karena itu mari tingkatkan pekerjaan kita," terangnya seraya mengucapkan terima kasih kepada tim penilai dari LAM PT-KES.

Guru Besar FK UMI Prof Hadyanto Lim mengatakan dengan diraihnya Akreditasi Unggul dari lembaga pemerintah, itu berarti kita telah siap mendidik para mahasiswa menjadi dokter yang unggul dan siap mengabdi kepada masyarakat dengan kualitas pengetahuan dan sikap yang baik.

Dijelaskannya bahwa FK UMI memiliki ciri khas yang membedakan dengan fakultas kedokteran yang lain. "FK UMI konsentrasi dalam bidang penyakit infeksi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Humuntal menambahkan alumni FK UMI mampu bersaing dengan dokter lain. "Salah satu rumah sakit swasta di Medan direkturnya adalah alumni kita," terangnya.

Program studi S1- Pendidikan Kedokteran kini dirancang untuk mendidik mahasiswa menjadi tenaga professional di bidang kedokteran. Lulusan program ini nantinya siap untuk mengembangkan dan memanfaatkan pengetahuan, keahlian professional maupun personal dalam dunia kedokteran maupun pendidikan, tambahnya. (*)

Editor
: Wilfred Manullang
SHARE:
komentar
beritaTerbaru