Selasa, 17 September 2024

Dugaan Netralitas ASN, Bawaslu Periksa OPD Pemko Binjai

Muhammad Irsan - Senin, 09 September 2024 17:56 WIB
2.301 view
Dugaan Netralitas ASN, Bawaslu Periksa OPD Pemko Binjai
Foto: SNN/M Irsan
KELUAR: Sekdako Binjai Irwansyah Nasution beserta kepala OPD keluar dari Kantor Bawaslu usai diperiksa terkait dugaan netralitas ASN, di Kantor Bawaslu Binjai, Senin (9/9/2024).
Binjai (harianSIB.com)
Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Binjai memanggil dan memeriksa 11 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Binjai terkait netralitas Aparatur Sipil Negera (ASN), di Kantor Bawaslu Binjai, Jalan Soekarno Hatta, Senin (9/9/2024).

Adapun 11 Kepala OPD Pemko Binjai yang diduga terlibat adalah, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Binjai Irwansyah Nasution, Sugianto (Kadis Kesehatan), Asri Dalimunthe (Kabag Kesra), Iwan Setiawan (Kadispora), Rusdianto (Kesbang Polinmas), Rahmad Fauzi (Kepala BKD), Hamdani Hasibuan (Kadis Perindag), Angga Hilman (Camat Binjai Utara), Mhd Fauzi (Camat Binjai Selatan), Fazar Mukhlis (Camat Binjai Timur), M Safrizal Nur (Lurah Pekan Binjai).

Pantauan jurnalis SIB News Network (SNN), tampak 11 Pimpinan OPD tersebut memasuki Kantor Bawaslu Binjai dan pemeriksaan dilakukan secara satu persatu di lantai II Kantor Bawaslu Binjai. Mereka masing-masing diperiksa selama sekitar 15 menit.

Baca Juga:

WAWANCARA: Ketua Bawaslu Binjai Mhd Yusuf Habibie, saat dikonfirmasi wartawan usai memeriksa Sekdako Binjai dan Kepala OPD Pemko Binjai, di Kantor Bawaslu Binjai, Senin (9/9/2024). (Foto: SNN/M Irsan)

Baca Juga:
Ketua Bawaslu Binjai, Muhammad Yusuf Habibie, yang dikonfirmasi mengatakan, pemanggilan ini merupakan tindak lanjut dari laporan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), di mana ada 11 nama pimpinan OPD yang diduga terlibat dalam dugaan pelanggaran netralitas ASN.

"Pemanggilan ini karena adanya dugaan ASN Pemko Binjai hadir dalam pengambilan formulir ke partai politik dan beberapa kegiatan salah satu Bakal Calon Wali Kota Binjai di Pendopo Umar Baki Binjai," ujar Habibie.

Menurutnya, saat ini Bawaslu Binjai diperintahkan untuk melakukan investigasi terkait dugaan keterlibatan 11 ASN Kepala OPD Pemko Binjai dan untuk hasil pemeriksaan tersebut akan diberitahukan dua hari ke depan.

"Maka kami proses pemanggilan terkait dugaan kehadiran ASN dalam pengambilan formulir pak Amir Hamzah (Wali Kota Binjai) di salah satu kantor partai politik. Jadi, di hari yang sama sewaktu acara itu, para ASN memang hadir memakai baju putih karena usai menghadiri acara manasik haji. Untuk sementara kehadiran ASN tanpa ada dikoordinir. Jika ada pelanggaran nanti akan kita laporkan kembali ke KASN pusat," jelas Habibie.

Sementara itu, Sekdako Binjai Irwansyah Nasution, usai menjalani pemeriksaan mengatakan, pemanggilan yang dilakukan Bawaslu Binjai untuk mengklarifikasi terkait kehadiran para ASN yang waktu itu mendampingi Wali Kota mengambil formulir di salah satu parpol.

"Di waktu yang sama kami baru usai menghadiri acara manasik haji di pendopo, jadi pakaian yang kami pakai warna putih. Jadi ada dugaan keberpihakan. Padahal, tidak ada keterlibatan, hanya saja waktu itu kami memakai baju putih ikut hadir dalam kegiatan tersebut," ungkapnya.


Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
komentar
beritaTerbaru
Tebar Kebaikan

Tebar Kebaikan

Jakarta (SIB)Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Jokowi mengajak masyarakat agar menjadikan Nabi Muhammad s

Nasional