Selasa, 17 September 2024

Pj Gubernur Sumut Kukuhkan Tyas Fatoni Jadi Bunda Literasi

Danres Saragih - Rabu, 04 September 2024 09:41 WIB
258 view
Pj Gubernur Sumut Kukuhkan Tyas Fatoni Jadi Bunda Literasi
Foto: Dok/Diskominfo Sumut
Pj Gubernur Sumut A Fatoni menerima kapur sirih dari penari melayu pada acara pengukuhan Tyas Fatoni sebagai Bunda Literasi Sumut di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan, Selasa (3/9/2024).
Medan (harianSIB.com)
Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni mengukuhkan Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Tyas Fatoni menjadi Bunda Literasi Sumut. Kegiatan itu berlangsung di Aula Raja Inal Siregar, Jalan Diponegoro Medan, Sumut, Selasa (3/9/2024).

Fatoni menyampaikan dengan membaca dan membudayakan literasi, maka segala ilmu pengetahuan bisa diperoleh. Hal itu dilakukan dengan berdiskusi, mengikuti seminar dan webinar.

Menurutnya, generasi yang cerdas adalah generasi yang mampu menggunakan ilmu pengetahuan dan informasi di dalam kehidupan sehari-hari. Generasi pintar adalah orang yang mempunyai banyak ilmu dan pengetahuan sera mampu menangkap informasi dengan cepat dan tepat.

Baca Juga:

Sementara itu generasi kreatif adalah generasi yang mempunyai kemampuan untuk membuat perbedaan dalam melakukan semua hal, cara bekerja, pola pikir, bertindak, bersikap dengan cara yang berbeda, efektif dan lebih efisien.

"Generasi inovatif adalah generasi yang melakukan sesuatu dengan perencanaan dengan tujuan yang jelas, baik dengan proses yang jelas dengan target, sehingga dengan literasi maka generasi unggul seperti ini bisa kita ciptakan," katanya.

Baca Juga:

Oleh karena itu menurut Fatoni peran dari Bunda Literasi serta para ibu sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dan membudayakan kebiasaan membaca terlebih dahulu di lingkungan keluarga.

Budaya literasi juga bisa diterapkan dengan menggelar berbagai macam kompetisi. Misalnya, dengan membuat lomba mulai dari desa, kota, kabupaten, hingga provinsi. Begitupula dengan kehadiran perpustakaan keliling yang juga mampu meningkatkan budaya literasi bagi masyarakat.

Hadir dalam kegiatan itu Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, Ketua DWP Sumut Dian Arief Trinugroho, Kadis Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti, Forkopimda Sumut, organisasi dan pengurus perpustakaan se-Sumut serta pimpinan OPD Sumut dan undangan lainnya. (**)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
komentar
beritaTerbaru