Sabtu, 21 September 2024

Plt Dirut Perumda Tirtanadi Jadi Pembicara Utama di Indonesia Water Forum 2024

Nelly Hutabarat - Jumat, 30 Agustus 2024 20:54 WIB
394 view
Plt Dirut Perumda Tirtanadi Jadi Pembicara Utama di Indonesia Water Forum 2024
(Foto: Dok/Perumda Tirtanadi)
KEYNOTE SPEAKER: PLT Dirut Perumda Tirtanadi (tengah) menjadi keynote speaker pada IWF 2024, di Jakarta, Jumat (30/8/2024).
Jakarta (harianSIB.com)

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Perumda Tirtanadi, Ewin Putra, tampil sebagai salah satu pembicara utama dalam Indonesia Water Forum 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (30/8/2024). Forum ini diikuti oleh perwakilan dari berbagai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) se-Indonesia, dengan tema "Financing Alternatives".

Dalam kesempatan tersebut, Ewin Putra mempresentasikan praktik-praktik terbaik yang dilakukan oleh Perumda Tirtanadi dalam menemukan alternatif pembiayaan untuk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), khususnya di wilayah Kota Medan dan sekitarnya.

Baca Juga:

Selain Ewin, acara ini juga menghadirkan pembicara dari berbagai institusi lainnya, seperti Bank Dunia, Perumda Air Minum Kota Bandung, Manila Water, Suez Indonesia dan PT Adaro Tirta Mandiri, yang turut membahas berbagai alternatif pembiayaan untuk sektor air minum.

Ewin Putra mengungkapkan, saat ini kapasitas produksi air minum Perumda Tirtanadi mencapai 7.200 liter per detik, namun kebutuhan air di Kota Medan diproyeksikan akan meningkat hingga 11.000 liter per detik pada tahun 2025. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Ewin menekankan pentingnya mencari sumber pendanaan yang tepat.

Baca Juga:

"Biaya yang diperlukan untuk menambah kapasitas produksi sangat besar. Oleh karena itu, dibutuhkan kajian mendalam terkait alternatif pembiayaan, baik melalui penyertaan modal pemerintah daerah, kerja sama B to B, maupun Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)," jelasnya.

Indonesia Water Forum 2024 yang diselenggarakan Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi) menggandeng Pamerindo sebagai mitra. Tahun ini, forum mengusung tema besar "Transformasi Air Minum Menuju Indonesia Emas Tahun 2024" dengan menghadirkan berbagai seminar dan diskusi. (*)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
komentar
beritaTerbaru