Sabtu, 21 September 2024

HUT Bawaslu Kabupaten/Kota ke-6, Ini Kata Fadhil Azhar

Muhammad Irsan - Kamis, 15 Agustus 2024 21:57 WIB
377 view
HUT Bawaslu Kabupaten/Kota ke-6, Ini Kata Fadhil Azhar
Foto: Istimewa
Koordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Binjai, Fadhil Azhar SP
Binjai (harianSIB.com)
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten/Kota telah genap berusia 6 tahun, Kamis (15/8/2024). Komisioner Bawaslu Binjai Fadhil Azhar SP mengatakan, bahwa peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-6 merupakan momen penting yang menandai perjalanan panjang Bawaslu Kabupaten/ Kota khususnya Bawaslu Binjai dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas Pemilu.

" Untuk itu, kami berkomitmen Bawaslu Binjai akan terus memperkuat proses pengawasan dengan mengedepankan aspek profesionalitas, Integritas, jujur dan adil, pada momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024," ujar Fadhil Azhar saat dihubungi jurnalis SNN, Kamis (15/8/2024).

" Momentum peringatan HUT Bawaslu Kabupaten/Kota yang ke-6, tahun ini diharapkan memberikan semangat baru kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu, agar menjadi ujung tombak dalam pengawasan Pilkada yang tahapannya saat ini sedang berlangsung," ujar Fadhil.

Baca Juga:

Fadhil yang membidangi Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Binjai ini berharap seluruh jajarannya berkomitmen penuh dalam mengawal pesta demokrasi dengan menjaga integritas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai yang berlangsung pada 27 November mendatang agar berjalan jujur dan adil serta senantiasa memberikan sosialisasi untuk menyampaikan edukasi agar terwujud pemilihan kepala daerah yang berkualitas.

" Bawaslu Binjai terus berupaya meningkatkan pencegahan, membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilihan yang berkualitas, bermartabat dan demokratis," kata Fadhil.

Baca Juga:

Fadhil berharap, dengan bertambahnya usia Bawaslu agar kedepan Bawaslu Binjai beserta jajaran baik itu Panwascam dan Pengawas Kelurahan harus lebih solid dalam menjaga demokrasi khususnya di Kota Binjai." Bawaslu Binjai terus berkomitmen membangun kerjasama dengan semua pihak agar pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 dapat berlangsung aman dan damai," ungkapnya.

Sehubungan dengan pengawasan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024, Fadhil mengatakan dalam waktu dekat akan melaksanakan beberapa program pengawasan partisipatif. " Program yang dilakukan dalam waktu dekat ini adalah Pendidikan Pengawas Partisipatif, Kerjasama dengan perguruan tinggi melalui Bawaslu Goes To Campus/School dan Kampung Pengawasan," jelasnya.

Fadhil menjelaskan semua program ini akan dilaksanakan Bawaslu Binjai serta jajaran bekerjasama dengan pihak terkait, " Oleh karena itu mohon dukungan penuh dan keseriusan kita semua sehingga ada kontribusi yang dirasakan masyarakat dalam penyelenggaraan pemilihan ini," pungkasnya.

Diketahui, Bawaslu Kabupaten/Kota secara resmi berdiri pada 15 Agustus 2018. Pembentukan Bawaslu Kabupaten/Kota sebagai lembaga yang permanen ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Saat ini, Bawaslu Binjai diketuai oleh Muhammad Yusuf Habibie sekaligus Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Data Informasi dan Fadhil Azhar, selaku Koordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas serta Julkifli sebagai Koordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa. Dan Helly Herlinda sebagai Koordinator Sekretariat Bawaslu Binjai. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru