Sabtu, 21 September 2024

Wilayah Sumut Diprediksi Diguyur Hujan Hingga Tiga Hari ke Depan

Leo Bastari Bukit - Rabu, 07 Agustus 2024 18:00 WIB
333 view
Wilayah Sumut Diprediksi Diguyur Hujan Hingga Tiga Hari ke Depan
MI/Ramdani
Ilustrasi hujan.
Medan (harianSIB.com)
Kondisi cuaca di Kota Medan saat ini disebabkan adanya belokan angin dan pertemuan angin di wilayah Provinsi Sumut. Kondisi ini menyebabkan meningkatnya pertumbuhan awan-awan hujan terutama di Kota Medan dan sekitarnya.

"Fenomena cuaca yang terjadi saat ini terjadi hampir di seluruh wilayah Provinsi Sumut," kata Petugas awan/" target="_blank">Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza kepada jurnalis SIB News Network (SNN), Rabu (7/8/2024).

Diprediksi kondisi cuaca di Kota Medan dan sekitarnya masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat hingga tiga hari ke depan.

Baca Juga:

Ia mengatakan Kamis (8/8/2024), berpotensi hujan ringan hingga sedang di seluruh wilayah Sumut. Hujan sedang terjadi siang/sore hari di wilayah Pakpak Bharat dan sekitarnya.

Pada malam harinya, berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Sumut. Hujan sedang terjadi di wilayah Dairi, Humbahas, Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Tengah dan sekitarnya.

Baca Juga:

Dini harinya berpotensi hujan ringan hingga sedang terjadi di wilayah Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Tengah dan sekitarnya. Sedangkan suhu udara 15°C-33 °C. Kelembaban udara 50-98%. Angin dari Utara-Tenggara, 04-14 km/jam.

"Kemudian, titik panas (hotspot) di wilayah Sumut pada pantauan tanggal 06 Agustus 2024 tidak terdapat titik panas," ujarnya.

Himbauan kepada masyarakat yaitu, dimohon untuk tetap waspadai terhadap potensi terjadinya hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang yang dapat menyebabkan banjir, pohon tumbang dan bencana hidrometeorologis lainnya.

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang di wilayah Lereng Barat, Pantai Barat Sumut yang dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," imbaunya. (*)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
komentar
beritaTerbaru