Sabtu, 21 September 2024

Progres IKN: Fasilitas Air Minum Kini Tersedia di Gedung Pemerintah dan Hotel Nusantara

Robert Banjarnahor - Jumat, 02 Agustus 2024 18:18 WIB
238 view
Progres IKN: Fasilitas Air Minum Kini Tersedia di Gedung Pemerintah dan Hotel Nusantara
Antara
Ilustrasi prospek pembangunan IKN Nusantara.
Medan (harianSIB.com)
Air minum sudah masuk ke dalam gedung-gedung pemerintah di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Demikian disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga, di Kantor Kementerian PUPR di Jakarta, Jumat (2/8/2024), dilansir dari Kompas.com.

"Jadi, sudah masuk gedung, saya sudah punya daftarnya," kata Danis.

Baca Juga:

Ia pun menjelaskan, mulai dari Istana Garuda (sebelumnya Kantor Presiden), Istana Negara, Gedung Sekretariat Presiden (Setpres), Gedung Sekretariat Negara (Setneg), gedung-gedung Kementerian Koordinator (Kemenko), hingga Hotel Nusantara kebutuhan air minum tersedia.

Pihaknya saat ini sedang menunggu kabar soal masuknya air minum ke Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) hingga Rumah Susun (Rusun) Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga:

Sementara, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, pihaknya memastikan bahwa pada intinya air minum sudah masuk ke IKN.

"Basic-nya (pada dasarnya) air sudah mulai masuk untuk sampai di IKN," ujarnya.

Sebelumnya, imbuh Basuki, kualitas air di IKN lebih baik dibanding air minum kemasan. "Jadi kualitas air sebagai hasil Instalasi Pengolahan Air (IPA) sudah standar bahkan Insya Allah lebih baik dari air minum kemasan," ujar Basuki.

Adapun Basuki sudah menjajal minum air IKN langsung dari kerannya saat meninjau proyek tersebut pada Senin (29/7/2024). Basuki menjelaskan, panjang pipa air yang mengalir dari IPA ke reservoir adalah 16 kilometer. Kemudian, dari reservoir mengalir ke persil-persil sepanjang 22 kilometer. Sehingga, kualitas air tetap harus diuji di setiap persil karena dikhawatirkan terjadi perubahan kualitas di dalam perjalanannya.

Kualitas air di IKN sudah diuji oleh Balai Teknik Air Minum Kementerian PUPR. Namun, Basuki juga akan meminta PT Sucofindo untuk melakukan pengetesan ulang.

Kemungkinan, jelas Basuki, pada tanggal 10-11 (Agustus) ia akan meminta Sucofindo untuk melakukan pengecekan. (*)

Editor
: Robert Banjarnahor
SHARE:
komentar
beritaTerbaru