Sabtu, 21 September 2024

APBDes Sibagindar 2023 Telah Capai Sasaran Bangun JUT dan Bantuan Pupuk ke Masyarakat

Firdaus Peranginangin - Jumat, 02 Agustus 2024 16:27 WIB
384 view
APBDes Sibagindar 2023 Telah Capai Sasaran Bangun JUT dan Bantuan Pupuk ke Masyarakat
Foto SNN/Firdaus
Pembagian Pupuk: Kades Sibagindar, Kecamatan Pangindar Kabupaten Pakpak Bharat Sondang Manik membagikan pupuk SS dan herbisida kepada masyarakat, guna menyukseskan program pemberdayaan ketahanan pangan di Desa Sibagindar.
Medan (harianSIB.com)
Kades Sibagindar, Kecamatan Pangindar Kabupaten Pakpak Bharat Sondang Manik secara tegas mengatakan, APBDes Sibagindar 2023 telah mencapai sasaran sesuai peruntukannya membangun Jalan Usaha Tani (JUT) serta penyaluran bantuan pupuk kepada masyarakat desa.


"Jadi seluruh pelaksanaan dan pengelolaan dana desa sudah tepat sasaran dan manfaatnya sangat besar bagi masyarakat, sebab peruntukan dana desa itu merupakan masukan dan saran dari masyarakat sendiri, guna kemajuan desa," tandas Sondang Manik kepada wartawan, Jumat (2/8/2024) melalui pesan WhatsApp dari Sibagindar.


Penegasan itu disampaikan Manik menanggapi adanya tudingan miring terhadap pengelolaan anggaran APBDes yang dilontarkan segelintir oknum, hanya dikarenakan kepentingan pribadinya, sehingga menimbulkan kerugian bagi orang lain.

Baca Juga:

"Perlu saya jelaskan, seluruh tahapan mulai dari musyawarah perencanaan, pelaksanaan sampai dengan musyawarah Laporan Pertanggungjawaban (LPj) ABPDesa 2023, baik tentang program pemberdayaan ketahanan pangan berupa pengadaan pupuk SS dan herbisida telah tersalur dan terlaksana dengan baik dan diterima oleh pemangku jabatan serta masyarakat yang hadir," katanya.


Bahkan katanya, sudah dipertanggungjawabkan di hadapan perwakilan dari pihak Kecamatan Pagindar, Pendamping Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa Sibagindar Uluk Manik, Polmas Sibagindar Yansen Tambunan, serta tokoh masyarakat Desa Sibagindar.

Baca Juga:
Terkait dengan program pembagian pupuk, katanya, berdasarkan hasil musyawarah desa, telah disepakati untuk penerima manfaat, hanya warga desa yang tinggal menetap di Desa Sibagindar dan warga desa yang tidak tinggal di Sibagindar, tidak berhak sebagai penerima manfaat pupuk.


Menyinggung soal program pembangunan JUT, tambah Sondang Manik, hasilnya telah dinikmati masyarakat, terutama menyangkut akses jalan menuju sentra pertanian, karena sebelumnya akses mengangkut hasil pertanian sangat sulit. Tapi sekarang jalan usaha tani sudah bagus dan sudah masuk kendaraan roda dua mengangkut hasil pertanian masyarakat.


Masyarakat Desa Sibagindar, Binsar Manik juga mengaku merasa puas atas kemajuan pembangunan di desanya, termasuk terbukanya akses jalan ke lahan pertanian, jika dibandingkan dengan kondisi selama ini, masyarakat sangat bersusah payah membawa hasil pertaniannya untuk dijual ke pasar.


"Setelah dibukanya akses JUT ini, semua kendala itu sudah teratasi dan saya berharap kepada seluruh masyarakat Sibagindar untuk tetap bersama-sama bergandengan tangan dan saling mendukung untuk kemajuan pembangunan di Desa Sibagindar lebih maju lagi," tandas Binsar Manik.(**).

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru