Minggu, 08 September 2024

TCPC Edukasi Anak Terlindungi Mulai Nutrisi Hingga Sekolah dan Internet Aman

Donna Hutagalung - Jumat, 26 Juli 2024 09:21 WIB
268 view
TCPC Edukasi Anak Terlindungi Mulai Nutrisi Hingga Sekolah dan Internet Aman
(Foto: harianSIB.com/Donna Hutagalung)
dr Muhammad Akbar, MKed (Ped)
Medan (harianSIB.com)
Permasalahan anak khususnya usia 0-5 tahun bukan hanya soal infeksi atau sakit. Lebih dari itu, orang tua harus juga memperhatikan nutrisi anak karena itu mempengaruhi tumbuh kembangnya dan terhindar dari stunting.

"Bagaimana orang tua paham masalah anak khususnya usia emas 0-5 tahun bukan hanya sakit. Tapi ada juga masalah nutrisi. Ini faktor penting tumbuh kembang anak untuk masa depannya," kata dokter anak The Clinic Pediatrics Care (TCPC), dr Muhammad Akbar, MKed (Ped), Kamis (24/7/2024), dalam talk show rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) 2024, di The Clinic Pediatrics Care (TCPC), Jalan Sekip, Kota Medan.

Akbar menekankan pentingnya orang tua memperhatikan nutrisi anak pada usia emasnya tersebut. Sebab, masalah stunting tidak sekadar tubuh yang pendek, tapi juga menyangkut daya tangkap yang lemah.

Baca Juga:

Roadshow edukasiThe Clinic Pediatrics Care (TCPC) di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Medan tentang kebersihan gigi. (Foto: Dok/TCPC)

Baca Juga:
"Masih banyak orang tua yang memberi makan anaknya sekadar tidak menangis. Anaknya makan, masalah selesai tanpa memperhatikan asupan gizinya. Dan ini terjadi bukan hanya di kalangan keluarga ekonomi lemah, tapi juga yang mapan," ujarnya.

Akbar melanjutkan, penting bagi orang tua memberikan anaknya berbagai jenis makanan agar terhindar dari masalah stunting. "Pemberian lemak dan protein hewani itu sangat baik untuk anak," tambahnya.

Kemudian saat anak di sekolah, lanjut Akbar, sekolah harus menjadi lingkungan yang aman baginya. Menurut dia, orang tua tidak bisa menyerahkan anaknya sepenuhnya kepada sekolah, tapi juga harus mendidiknya bagaimana berperilaku yang baik.

"Prinsipparenting, membiarkan mereka sekolah agar bersosialisasi, tapi di rumah orang tua harus membimbing. Sekolah ilmu pengetahuan, di rumah orang tua mengajarkan anak berperilaku baik. Apa yang kita lakukan di rumah jadi contoh untuk anak," kata dr Akbar.

Selain itu, dr Akbar juga menyoroti pentingnya internet sehat. Apalagi di era digital saat ini anak-anak tidak bisa dilepaskan dari gawai.

"Orang tua harus mendampingi anaknya saat bermain handphone. Tidak boleh dia asyik sendiri dengan layar itu saja. Nanti dia tidak pernah bersosialisasi, itu lebih berbahaya di banding terlambat bicara. Banyak juga kasus anak terlambat bicara karena smartphone," kata Akbar, seraya berpesan orang tua harus bisa menjadi idola anaknya, bukan orang lain.

Sementara itu, memperingati Hari Anak Nasional 2024 yang mengusung tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju", The Clinic Pediatrics Care Medan melakukak roadshow dengan memberikan edukasi ke sekolah dasar dan taman kanak-kanak. Salah satunya SD 060836 Jalan Danau Singkarak.

Roadshow dimulai Juni 2024 dan puncaknya 23 Juli 2024, dengan mengedukasi anak-anak pentingnya menjaga kebersihan tangan dan gigi.

"Anak terlindungi dari kekerasan di sekolahnya, terlindungi dari infeksi dan internet yang sehat, sehingga anak menjadi cerdas dan Indonesia Emas tercipta," kata Akbar.

The Clinic Pediatrics Care Medan ditangani beberapa dokter spesialis anak. Ada dr Muhammad Akbar, MKed (Ped), SpA, Prof Dr Guslihan Dasa Tjipta, SpA, dr Halida Rahmah Nasution, MKed (Ped) SpA, dan lainnya.

The Clinic Pediatrics Care Medan melayani pemeriksaan dan konsultasi anak, vaksinasi anak lengkap, layanan kesehatan, dan tumbuh kembang anak, khitan serta lainnya. Juga menyediakan konsultasi gizi di Hari Senin dan Sabtu. (*)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
komentar
beritaTerbaru