Minggu, 08 September 2024

BBPOM Medan Kampanye Keamanan Pangan di Dua Pasar Deliserdang

Piktor M Sinaga - Rabu, 24 Juli 2024 20:00 WIB
283 view
BBPOM Medan Kampanye Keamanan Pangan di Dua Pasar Deliserdang
(Foto: SNN/Piktor Sinaga)
KAMPANYE: Kepala BBPOM di Medan, M. Suhendri, bersama Kepala Bidang Sarana dan Pelaku Distribusi Disperindag Deliserdang Sahattua Silitonga melakukan kampanye keamanan pangan, di Pasar Lubukpakam Kompleks Delima, Rabu (24/7).
Medan (harianSIB.com)
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Medan mengadakan kampanye keamanan pangan di dua pasar di Deliserdang pada Rabu (24/7/2024). Pasar yang dikunjungi adalah Pasar Lubuk Pakam di Kompleks Deli Mas dan Pasar Galang.

Kampanye ini adalah bagian dari proyek prioritas nasional yang mencakup tiga kegiatan utama yakni, keamanan pangan desa, pangan jajan anak sekolah, dan pasar aman dari bahan berbahaya.

Kepala BBPOM di Medan, M. Suhendri, bersama Koordinator Pasar Humbing Lumbangaol dan Kepala Bidang Sarana dan Pelaku Distribusi Disperindag Kabupaten Deliserdang Sahattua Silitonga, serta jajaran BBPOM lainnya, ikut serta dalam kegiatan ini.

Baca Juga:

Selama kampanye, BBPOM juga memeriksa bahan pangan yang diduga mengandung zat berbahaya bagi kesehatan.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan pasar yang aman dari bahan berbahaya. Kami memberikan penyuluhan langsung di pasar-pasar untuk melindungi masyarakat," kata Suhendri.

Baca Juga:

Sebanyak 12 sampel produk diambil untuk diuji, termasuk tahu, mi basah, bakso, ikan kering, ikan basah dan air abu yang dicurigai mengandung boraks, serta kapur sirih yang diduga digunakan dalam gorengan.

"Jika ditemukan bahan berbahaya, kami akan memberikan penyuluhan dan meminta pedagang untuk mengamankan barang tersebut. Jika tidak ada perbaikan, tindakan hukum akan diambil," tegas Suhendri.

Beberapa zat berbahaya yang diperiksa termasuk formalin, boraks dan pewarna berbahaya.

"Kegiatan ini rutin kami lakukan, terutama saat Ramadan dan lebaran, namun juga di hari-hari biasa seperti sekarang," tambahnya.

Respon pedagang beragam, dengan beberapa mendukung dan yang lain merasa takut karena salah persepsi terhadap kehadiran BBPOM. Kampanye ini berjalan aman dan BBPOM berhasil mengedukasi pedagang tentang pentingnya menjaga dagangan mereka dari bahan-bahan berbahaya.(*)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
komentar
beritaTerbaru