Minggu, 08 September 2024

Pilgub Sumut 2024: PDIP akan Berikan Kejutan

* Dipastikan Tidak Terjadi Kotak Kosong
Leo Bastari Bukit - Senin, 22 Juli 2024 21:03 WIB
468 view
Pilgub Sumut 2024: PDIP akan Berikan Kejutan
(Foto Dok/Leo Bukit)
Dr Sutarto MSi dan Mangapul Purba SE.
Medan (harianSIB.com)
Hingga saat ini PDIP belum mengeluarkan surat tugas kepada bakal calon (balon) Gubernur Sumut dan Wakil Gubernur Sumut untuk bertarung pada Pilgub Sumut 2024.

Seperti diketahui, enam balon yang telah mendaftarkan diri ke PDIP yakni Edy Rahmayadi, Nikson Nababan, Theo Cristoffel Panggabean, Abdul Aziz, Barry Simorangkir dan Faqihhuddin Fadhlan. Keenam nama itu diinformasikan telah mengikuti fit and proper test.

Sekretaris DPD PDIP Sumut Dr Sutarto MSi mengatakan DPP PDIP belum mengeluarkan nama balon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut. Hal itu disebabkan sedang dilakukan pendalaman dan penggodokan nama balon.

Baca Juga:

"Memang belum ada nama yang dikeluarkan oleh DPP, kan memang lagi pendalaman di tingkat pusat dan sekaligus ada survey independen yang dilakukan," katanya kepada jurnalis SIB News Network (SNN), Senin (22/7/2024).

Disinggung sosok balon gubernur dan wakil gubernur yang mana mendapatkan surat tugas, ia mengatakan PDIP akan memberikan kejutan kepada masyarakat Sumut. "Nanti akan ada kejutanlah," ujar Sutarto yang juga menjabat Ketua DPRD Sumut.

Baca Juga:

Hal senada disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDIP Sumut Mangapul Purba. PDIP tengah dalam proses pemilihan calon gubernur yang akan mereka usung dalam Pilgub mendatang.

Ia menyampaikan ada sejumlah nama calon yang tengah dipertimbangkan oleh partai. "PDIP sedang menggodok nama calon gubernur yang mendaftar ke partai. Keputusan final belum keluar, jadi kita tunggu saja," jelasnya.

PDIP memiliki cukup kursi di DPRD Sumut untuk mengusung calon gubernur tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. PDIP berpotensi untuk maju sendiri tanpa dukungan dari partai lain. Dengan demikian, hampir dipastikan tidak akan terjadi kotak kosong dalam Pilgub Sumut 2024.

Di sisi lain, Bobby Nasution, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Medan, telah mendapatkan dukungan dari tujuh partai politik, termasuk Golkar, Gerindra dan Demokrat. Meskipun demikian, masih ada dua partai besar yang belum menentukan sikap mereka, yakni PKS dan PDIP. (*)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru