Minggu, 08 September 2024

Ribuan Pelaku Koperasi dan Masyarakat Jalan Sehat Peringati Harkopnas Tingkat Sumut

Danres Saragih - Minggu, 21 Juli 2024 17:34 WIB
481 view
Ribuan Pelaku Koperasi dan Masyarakat Jalan Sehat Peringati Harkopnas Tingkat Sumut
Foto: SNN/Danres Saragih
MELEPAS: Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho melepas peserta Jalan Sehat pada rangkaian Hari Koperasi ke-77 tahun 2024 Provinsi Sumut di Halaman Kantor UPTD Pusat Layanan Usaha Terpadu Dinas Koperasi Sumut Komplek PRSU, Jalan Gatot Subroto Medan, Minggu (2
Medan (harianSIB.com)
Ribuan pelaku koperasi dan masyarakat Sumut mengikuti jalan sehat memperingati HUT ke 77 Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) tingkat Sumut, Minggu (21/7/2024) di Pusat Layanan Usaha Terpada (PLUT) Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), Komplek PRSU, Jalan Gatot Subroto, Medan.

Jalan santai dilepas Sekdapov Sumut Arief S Trinugroho didampi Staf Kemenkop dan UKM RI Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Riza Damanik, Kadis Koperasi dan UKM Sumut Dr Naslindo Sirait MM dan lainnya dari halaman PLUT, Jalan Gatot Subroto, Medan.

Adapun rute jalan sehat adalah dari halaman UPTD PLUT sampai ke Tomang Elok Medan dan balik kembali ke halaman UPTD PLUT di komplek PRSU Medan.

Baca Juga:

Usai jalan sehat, dilanjutkan pemotongan kue HUT ke 77 Harkopnas oleh Sekdaprov Sumut dan dibagikan kepada Kepala OPD, pelaku Koperasi dan undangan.

Kepada wartawan usai melepas ribuan jalan sehat Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho mengajak, pelaku usaha koperasi di Sumut, untuk menggaungkan bahwa koperasi bukan hanya mengandalkan simpan pinjam, tapi semua bidang dapat diusahakan lewat koperasi.

Baca Juga:

"Jadi waktu jalan kita ngobrol orang taunya koperasi hanya simpan pinjam, sudah lunas belum, mau minjam lagi berapa, padahal bukan itu, itu baru kecil saja. Yang utama adalah sektor riil, untuk usaha dan bisnis UMKM. Simpan pinjam bukan kita pinggirkan, tapi itu bukan yang utama, masih banyak program-program koperasi lainnya, jadi ini kita coba gaungkan kembali," katanya.

Dia mengatakan, kehadiran koperasi memiliki peranan penting dalam membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya para anggota koperasi. Karena itu pemerintah pun berusaha mendorong masyarakat untuk mengembangkan koperasi sebagai badan usaha yang berasaskan kekeluargaan dan gotong royong.

Arief berharap perlu dilakukan upaya penguatan peran koperasi, baik pengelolaan manajemen kelembagaan, dan peningkatan kapasitas SDM koperasi. Juga penggunaan teknologi dan sistem informasi, baik dalam manajemen koperasi maupun dalam menjalankan usahanya.

Sementara Staf Khusus Menkop dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Riza Damanik menyampaikan tiga pesan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. Pertama, mendorong kelembagaan koperasi menjadi instrumen memperkuat ekonomi rakyat, agar pelaku usaha kecil bisa berkembang menjadi usaha menengah dan terhubung dengan rantai pasok.


Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru